Dunia kuliner tak dapat dipisahkan dengan kehidupan kita sekarang ini. Banyak tempat kuliner dan inovasi bermunculan. Saat ini makanan tidak lagi menjadi sebuah kebutuhan tetapi gaya hidup. Acapkali sebelum melahap makanan kita sering cekrak cekrek dulu dan mengunggahnya ke media sosial. Sebenarnya ini sebuah peluang yang bagus buat kalian yang suka bereksperimen dengan makanan. Saatnya bagikan resep makanan yang kalian miliki. Yeaahhhh…

Mudah kok membuat buku yang berisikan resep makanan bagi kalian yang ingin membuatnya. BAKBUK.ID akan memberikan tips menulus buku resep makanan secara cuma-cuma.

  1. Tentukan konsep bukumu. Sebelum menulis apapun jenis bukumu, kalian harus membuat konsep yang matang mengenai yang akan tulis. Terkait dengan resep makanan, kalian harus bisa fokus makanan apa yang ingin dibuat. Makanan tradisional ataukah internasional?
  2. Lakukan uji coba resep yang kalian tulis. Tak mungkin rasanya jika kalian membuat resep makanan tanpa mencobanya lebih dahulu. Pastikan resep yang kalian buat benar-benar terukur dan aman dikonsumsi ya. Lakukan uji coba berulang kali sampai makanan yang kalian buat benar-benar perfecto!
  3. Catat dan dokumentasikan setiap tahapan yang dilakukan. Namanya juga buku resep makanan, kalian harus secara cermat untuk menyusun tahapan yang dilakukan. Foto setiap tahapan yang dilakukan serta hasil jadi dari makanan yang dibuat. Jangan mengandalkan ingatan kita, karena memori otak kita punya keterbatasan.
  4. Berikan ilustrasi dan buat tata letak yang menarik. Langkah terakhir adalah setelah menulis semua tahapan yang ada. Berikanlah sentuhan terakhir di buku resep makanan yang kalian buat dengan ilustrasi dan tata letak yang menarik. Usahakan buku resep makanan yang ditulis dalam halaman berwarna.

Gunakan tips membuat buku resep makanan ini dengan bijaksana ya gaess. Semoga membawa kebaikan bagi yang membaca dan melakukannya.(*)

 

Continue Reading

Baru-baru ini aplikasi merilis fitur keren berupa stiker. Walaupun memang agak terlambat dibandingkan dengan aplikasi lainnya, tapi langkah ini perlu kita beri apresiasi juga dong. Whatsapp juga memberikan kita ruang…

Mantan oh mantan...Kadang kala dalam menjalani sebuah hubungan kita harus berhadapan dengan mantan. Nah, gimana caranya biar kita cepat move on dari mantan. Ingat gengs! Waktu tak bisa diputar dan…

Musim hujan sudah tiba. Kita pun harus bersiap menghadapinya. Musim hujan membuat jalanan yang biasanya berdebu menjadi licin dan memaksa kita lebih berhati-hati. Bagi kalian yang mobilitasnya tinggi, tips yang…

Yeaayy...musim hujan telah tiba. Setelah kemarin kita melalui musim kemarau yang sangat panjang. Sekarang saatnya kita berbahagia menikmati turunnya hujan membasahi bumi ini. Konon, hujan menumbuhkan inspirasi sekaligus romantisme, beberapa…

Bosan adalah musuh bagi semua orang, kedatangannya yang tak diharapkan membuat rencana kita kadang berantakan. Jika sudah bosan, maka kita pun bakal mager alias malas gerak. BAKBUK.ID akan kasih kalian…

Coklat, minuman yang satu ini emang bikin kita ketagihan. Pas banget diminum ketika malam atau hujan turun. Apalagi diminum sama pasangan kita, makin syahdu deh. Si kental ini ternyata memiliki…

BAKBUK.ID di tulisan singkat kali ini bakalan kasih cara cerdas buat memilih penerbit buku. Tentu muara dari sebuah karya adalah ketika berhasil diterbitkan menjadi buku. Tapi banyak juga penerbit yang "nakal"…