Belakangan ini muncul istilah dalam dunia tulis menulis. Apabila pernah mendengar atau membacanya adalag proofreder. Profesi apakah gerangan? Lalu tugasnya ngapain aja sih? Apa pentingnya buat buku kita? Sabar dulu sob, mimin akan jelasin satu per satu pertanyaan kalian di atas. Harap bersabar, ini ujian…

Baiklah, penjelasan dari proofreader adalah seseorang yang menjadi memeriksa kelogisan isi atau substansi dari sebuah naskah sebelum diterbitkan secara luas. Apakah cuma itu saja tugasnya? Sebenarnya perbedaan antara editor dengan proofreader masih sangat belum terlihat jelas. Bisa saja seorang proofreader juga bisa melakukan pembenahan aspek teknis kebahasaan. Misalnya ejaan, salah ketik dan perbaikan minor lainnya.

Terakhir nih. apa pentingnya profesi proofreader untuk tulisan kita? Wolaaa jelas sangat penting. Tanpa sentuhan tangan mereka, bisa jadi tulisan kita malah tidak layak untuk dibaca secara luas. Kehadiran mereka adalah memberikan kesempurnaan dan keindahan bagi tulisan kita. Siapa yang ingin jadi proofreader? Seru lho…(*)

Continue Reading

Di era pandemi seperti sekatrang ini buka berarti menghentikan kreativitas yang kalian miliki dong. Apa pun pilihan karya yang ditekuni oleh teman-teman harus tetap memperjuangkannya. Korona sebenarnya sebuah momentum untuk…

Bikin buku secara indie sedang marak akhir-akhir ini. Jalur ini sering dipilih untuk mempermudah menerbitkan karya yang dimiliki. Bisnis buku indie semakin marak di negeri ini. Bahkan di beberapa daerah,…
Menjaga Pikiran Agar Tetap Positif

Bikin buku indie itu sangat mudah dan menyenangkan. Lho kok bisa? Salah satu keunggulan yang dimiliki penerbitan buku indie adalah kepastian dan kecepatan proses penerbitannya. Kadang-kadang teman-teman banyak yang harus…

Zaman semakin maju, begitu pun juga dengan dunia penerbitan buku. Ketika dulu menulis buku harus menempuh proses berbulan-bulan dan makan hati. Maka sekarang itu tak perlu lagi terjadi. Penulis sendirilah…
Menerbitkan Buku Dalam Hitungan Hari Bukan Lagi Mimpi

Pernah dengar istilah plot twist? Ada baiknya sebagai seorang penulis kalian juga memahami plot twist yang bisa digunakan untuk tulisanmu. Walaupun sebenarnya kita akan banyak menemui plot ini di film…
Menerbitkan Buku Dalam Hitungan Hari Bukan Lagi Mimpi

"Naskah saya udah berbulan-bulan kok gak ada kabarnya ya?" Begitulah biasanya para penulis-penulis muda itu mengungkapkan keluh kesahnya. Berbulan-bulan lamanya naskah mereka menggantung atau bahkan entah menguap ke mana. Semangat…
Cara Menulis Buku Memoar

Pernahkah ada yang mendengar buku memoar? Atau setidaknya mengetahui memoar itu apa? Memoar itu adalah catatan atau kisah tentang hidup yang dialami oleh teman-teman semua. Yang membedakan autobiografi dengan memoar…
https://pixabay.com/photos/influencer-writing-girl-woman-4081842/

Penulis buku kok menjadi influencer. Emang bisa? Jangan pesimis gitu dong. Semua bisa menjadi influencer, termasuk juga seorang penulis buku. Sebelum kita bahas lebih jauh, apa sih sebenarnya influencer itu?…