Di era pandemi seperti sekatrang ini buka berarti menghentikan kreativitas yang kalian miliki dong. Apa pun pilihan karya yang ditekuni oleh teman-teman harus tetap memperjuangkannya. Korona sebenarnya sebuah momentum untuk berubah menjadi lebih baik. Termasuk juga untuk tulisan kalian. Kalian masih bisa berkarya kok, caranya dengan berkolaborasi. Masa pandemi adalah waktu yang tepat untuk saling menguatkan. Ada keseruan yang bisa kalian nikmati jika menulis secara kolaborasi. Apa aja sih?

Serunya menulis secara kolaborasi yang pertama kalian lakukan adalah saling memahami karakter satu sama lain. Namanya saja kolaborasi, kalian haruslah bekerjasama membuat sebuah cerita yang menarik bagi calon pembaca. Kedua, beban yang kalian akan semakin ringan. Melalui kolaborasi kalian bisa berbagi tanggung jawab. Kalian bisa berbagi jumlah halaman, cara memasarkan, hingga membuat konten yang menarik. Sungguh seru…Ketiga, dengan mengajak temanmu untuk berkolaborasi maka kamu sudah membuat jaringan atau relasi baru apalagi di masa seperti sekarang ini. Kalian tak perlu harus bertemu, bisa bertukar ide melalui dunia maya saja kan? Selamat berkolaborasi. (*)

Continue Reading

Bikin buku secara indie sedang marak akhir-akhir ini. Jalur ini sering dipilih untuk mempermudah menerbitkan karya yang dimiliki. Bisnis buku indie semakin marak di negeri ini. Bahkan di beberapa daerah,…
Menjaga Pikiran Agar Tetap Positif

Bikin buku indie itu sangat mudah dan menyenangkan. Lho kok bisa? Salah satu keunggulan yang dimiliki penerbitan buku indie adalah kepastian dan kecepatan proses penerbitannya. Kadang-kadang teman-teman banyak yang harus…

Zaman semakin maju, begitu pun juga dengan dunia penerbitan buku. Ketika dulu menulis buku harus menempuh proses berbulan-bulan dan makan hati. Maka sekarang itu tak perlu lagi terjadi. Penulis sendirilah…
Menerbitkan Buku Dalam Hitungan Hari Bukan Lagi Mimpi

Pernah dengar istilah plot twist? Ada baiknya sebagai seorang penulis kalian juga memahami plot twist yang bisa digunakan untuk tulisanmu. Walaupun sebenarnya kita akan banyak menemui plot ini di film…
Menerbitkan Buku Dalam Hitungan Hari Bukan Lagi Mimpi

"Naskah saya udah berbulan-bulan kok gak ada kabarnya ya?" Begitulah biasanya para penulis-penulis muda itu mengungkapkan keluh kesahnya. Berbulan-bulan lamanya naskah mereka menggantung atau bahkan entah menguap ke mana. Semangat…
Cara Menulis Buku Memoar

Pernahkah ada yang mendengar buku memoar? Atau setidaknya mengetahui memoar itu apa? Memoar itu adalah catatan atau kisah tentang hidup yang dialami oleh teman-teman semua. Yang membedakan autobiografi dengan memoar…
https://pixabay.com/photos/influencer-writing-girl-woman-4081842/

Penulis buku kok menjadi influencer. Emang bisa? Jangan pesimis gitu dong. Semua bisa menjadi influencer, termasuk juga seorang penulis buku. Sebelum kita bahas lebih jauh, apa sih sebenarnya influencer itu?…

Sebuah cerita yang ditulis hendaknya memiliki pesan moral di dalamnya. Sekeren apapun cerita atau tulisan yang kita buat akan menjadi percuma jika tak ada pesan yang disampaikan. Tentu kita akan…