Menerbitkan Buku Dalam Hitungan Hari Bukan Lagi Mimpi
Pernah dengar istilah plot twist? Ada baiknya sebagai seorang penulis kalian juga memahami plot twist yang bisa digunakan untuk tulisanmu. Walaupun sebenarnya kita akan banyak menemui plot ini di film tetapi kita juga bisa menggunakannya di tulisan.

Plot twist merupakan sebuah plot yang digunakan untuk memberikan efek kejutan bagi para pembaca kita. Sehingga pembaca tulisan kita akan terkecoh dengan apa yang sudah kita susun sejak awal. Penggunaan plot ini haruslah hati-hati. Jangan sampai malah merusak apa yang sudah kalian bangun sejak awal.

Plot twist yang biasanya muncul dan digunakan adalah sebagai berikut :

  • Unreliable narrator
  • Chekhov’s gun
  • Anagnorisis atau pengungkapan
  • Deus ex Machina
  •  Non-linear narrative.(*)
Continue Reading
Menerbitkan Buku Dalam Hitungan Hari Bukan Lagi Mimpi

"Naskah saya udah berbulan-bulan kok gak ada kabarnya ya?" Begitulah biasanya para penulis-penulis muda itu mengungkapkan keluh kesahnya. Berbulan-bulan lamanya naskah mereka menggantung atau bahkan entah menguap ke mana. Semangat…
Cara Menulis Buku Memoar

Pernahkah ada yang mendengar buku memoar? Atau setidaknya mengetahui memoar itu apa? Memoar itu adalah catatan atau kisah tentang hidup yang dialami oleh teman-teman semua. Yang membedakan autobiografi dengan memoar…
https://pixabay.com/photos/influencer-writing-girl-woman-4081842/

Penulis buku kok menjadi influencer. Emang bisa? Jangan pesimis gitu dong. Semua bisa menjadi influencer, termasuk juga seorang penulis buku. Sebelum kita bahas lebih jauh, apa sih sebenarnya influencer itu?…

Sebuah cerita yang ditulis hendaknya memiliki pesan moral di dalamnya. Sekeren apapun cerita atau tulisan yang kita buat akan menjadi percuma jika tak ada pesan yang disampaikan. Tentu kita akan…

Sebagai seorang penulis tentunya akan sangat membahagiakan bila tulisan kita bisa dipublikasikan secara luas dan dibaca oleh masyarakat luas. Tetapi sebelumnya ada proses yang perlu dilewati sebelum terbitnya tulisan kita…

Setelah sekian purnama akhirnya BAKBUK.ID membuka kembali kelas menulis. Dengan menggandeng infinispace coworking space, kita bakalan ngadain kelas menulis jurnal ilmiah dan esai. Yang bener? Dua kelas dijadikan satu? Yoii…

Membaca judul Siapa Di Situ sudah membuat rasa penasaran sekaligus membangkitkan aura mistis. Belum membuka isi buku, pembaca dihadapkan pada gambar sampul yang spooky dan membuat nyali bergetar. Sang penulis…

Podcast sekarang sedang ngehits, sebenarnya sih udah sejak dari beberapa tahun lalu podcast hadir di Indonesia. Sebelum membicarakan podcast, apakah teman-teman tau, sebenarnya apa sih podcast itu? Dapat dikatakan podcast…