Mengenal Paham Indie di Kalangan Anak Muda

Oh, represi koloni menghakimi
Oh, ironi terkunci menghantui
Derau amarah, korban yang salah
Bukti dibantah, habis dijarah

Penggalan lirik miliki band Tashoora di atas menunjukkan semangat indie yang diusung oleh mereka. Paham hidup indie anak muda tampaknya masih akan terus berlangsung hingga masa yang akan datang. Seringkali kita mengucapkan kata indie, bahkan memadukannya dengan kopi dan senja. Tapi tau gak sih apa itu indie?

Sebenarnya indie merupakan singkatan dari kata independent yang artinya kebebasan alias kemerdekaan. Mereka menganut paham kebebasan dalam menyuarakan aspirasinya. Media yang dipilih pun bisa banyak sekali. Ada yang memilih jalur musik, buku, dan kegiatan kreatif lainnya. Untuk mewujudkannya mereka melakukannya dengan cara DIY. Do It Yourself, melakukannya sendiri dari proses produksi hingga distribusinya. Itulah sebenarnya yang menjadi inti dari paham indie.

Ketika kalian melabeli dengan “anak indie” apakah benar seperti itu? Indie sebenarnya lebih mengedapankan bagaimana melakukan sebuah proses kreatif dengan memfaatkan sumber daya yang diimiliki serta membangun jaringan dengan individu ataupun komunitas lainnya. Jadi, kalo kalian hobi posting indie, kopi, dan senja, hmmmm dipikir lagi deh…(*)

Continue Reading
https://pixabay.com/photos/influencer-writing-girl-woman-4081842/

Penulis buku kok menjadi influencer. Emang bisa? Jangan pesimis gitu dong. Semua bisa menjadi influencer, termasuk juga seorang penulis buku. Sebelum kita bahas lebih jauh, apa sih sebenarnya influencer itu?…

Sambat terosss, kiranya begitulah kata-kata yang keluar dari seorang teman. Kata sambat saat ini sedang naik daun, banyak orang kemudian latah dan menjadi trah sambat. Bahkan saking kerennya gairah kata…