Setelah minggu lalu kita membahas mengenai profesi travel writer, sekarang kita akan membahas tentang content creator. Sebuah profesi yang sekarang marak sekali dicari oleh perusahaan-perusahaan. Sebelum lebih jauh membahas kunci sukses mejadi content creator, kita perlu mengetahui dulu definisinya. Content creator sebenarnya adalah orang yang membuat konten untuk keperluan media sosial. Dari konten yang dibuatnya nanti bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pasti banyak yang bertanya-tanya, bagaimana menjadi content creator yang handal dan bisa laku di pasaran. Pengen? Kalau begitu mari kita…

  1. Selalu mau belajar dan riset. Langkah pertama ini sangat penting sekali dilakukan. Gimana mau membuat konten yang berkualitas jika kamu pemalas? Gak mashoook blasss.
  2. Tuliskan dan eksekusi ide yang kamu miliki. Selanjutnya, kamu harus segera menuangkan ide yang sudah kamu buat. Segera garap ide tersebut karena persaingan di dunia digital sangatlah keras dan cepat.
  3. Buatlah konten yang original. Yang tak kalah penting adalah kalian harus selalu membuat konten yang asli dari pikiran kalian, jangan malah plagiasi! Ngawur itu namanya.
  4. Selalu meminta masukan untuk karyamu. Setelah kamu mempublikasikan karyamu, mintalah masukan dari audiens. Mau itu baik atau paling buruk harus kamu terima dengan lapang dada, inilah proses belajar sesungguhnya menjadi seorang content creator.
  5. Ajaklah kolaborasi content creator lainnya. Terakhir, jangan pernah malu untuk mengajak kerja sama dengan content creator lainnya. Selain bisa menaikkan brandingmu, bisa juga untu sarana belajar sekaligus menambah jaringan. (*)
Continue Reading

Di era pandemi seperti sekatrang ini buka berarti menghentikan kreativitas yang kalian miliki dong. Apa pun pilihan karya yang ditekuni oleh teman-teman harus tetap memperjuangkannya. Korona sebenarnya sebuah momentum untuk…

Sebagai penulis, kadang-kadang banyak yang mengeluhkan untuk mengembangkan ide cerita yang ditulis. Mulai dari yang mengeluhkan tulisannya buntu, idenya habis bahkan sampai berhenti dan kesulitan memulainya lagi. Mengembangkan ide cerita…

Genre horor sekarang kembali muncul menjadi trend. Ini ditandai dengan munculnya tulisan Risa Saraswati dan membuat banyak penulis horor kemudian bermunculan. Menulis horor tentu tak semudah menulis novel roman. Ada…

Hujan...lagi-lagi hujan, banyak orang yang hanya melihatnya dari satu sisi saja. Emang sih kadang-kadang hujan bikin kita sebel. Janjian batal, yang ditunggu malah tidur. Tapi jangan salahin hujanlah, mau gimana…

Menjadi penulis merupkan impian banyak orang. Dalam perjalanannya akan terjadi seleksi alam antara penulis yang baik dan buruk. Penulis yang baik tentunya akan lebih abadi dalam dunia kepenulisan. Penulis yang…

Sebuah tulisan pastilah berasal dari ide. Dan, tidaklah mudah untuk mendapatkan sebuah ide. Para penulis pun harus memeras otak dalam menemukan ide. Padahal sebenarnya banyak ide yang berkeliaran di sekitar…

Menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan. Banyak orang yang menempuh jalan sunyi tersebut sekadar untuk hobi ataupun mengikuti kata hatinya. Penulis yang baik tentunya selalu berusaha untuk memberikan karya yang menawan…

Kenapa sebagai penulis diharuskan melampirkan sinopsis ketika membuat tulisan? Sebelum lebih jauh kita membicarakannya, sebaiknya kita kenalan dulu deh sama sinopsis. Pada dasarnya sinopsis adalah ringkasan atau inti cerita untuk…