Ukuran kertas buku? Emang ada? Mungkin selama ini kalian ngeliat ukuran buku keliatannya sama aja kan? Tapi ternyata to gengs, ada ukurannya dan tentu beda-beda. Ukuran kertas buku sebenarnya berhubungan dengan isi buku yang kita tulis. Sebagai penerbitan mandiri dan toko buku online yang kekinian, BAKBUK.ID akan memberikan sedikit pengetahuan tentang ukuran kertas buat bukumu.

Ukuran kertas buku itu sebenarnya ada beberapa, di bawah ini bakalan mimin kasih tahu apa bedanya. Ibarat pepatah lama, tak kenal maka tak sayang. Eee…pas lagi sayang-sayangnya ditinggal pergi.

  1. Ukuran kertas A. Jenis kertas inilah yang biasanya digunakan untuk kebutuhan pada umumnya. urusan pendidikan, cetakan buku, perkantoran, kirim surat cinta dan hal lainnya. Ukuran kertas ini dimulai dari A0 hingga A10. Untuk keperluan buku biasanya menggunakan ukuran A4 21×29.7 cm dan A5 14.8×21 cm.
  2. Ukuran kertas B. Ukuran kertas ini biasanya digunakan dalam pembuatan media yang besar, seperti misalnya poster dan sebagainya. Sama dengan ukuran kertas A, ukuran kertas B dimulai dari B0 hingga B10. Jika ingin menggunakan untuk keperluan buku, biasanya memakai B4 25×35.3 cm dan B5 17.6×25 cm.
  3. Ukuran kertas C. Ada yang pernah dengar ukuran kertas ini? Ukuran kertas ini digunakan untuk keperluan pembuatan amplop, map, dan kartu pos.
  4. Ukuran kertas R. Ukuran kertas ini digunakan untuk keperluan pencetakan foto.
  5. Ukuran kertas F. Pada umumnya ukuran kertas ini sering kita kenal sebagai HVS atau folio. nah kalo pada ngeprint sama fotokopi biasanya pake kertas ini.
Udah jelas kan mengenai ukuran kertas? Pengen buku kalian dibuat sesuai keinginan kalian? BAKBUK.ID siap mewujudkannya buat kalian.(*)

 

Continue Reading

Setelah tulisan selesai dibuat oleh penulis, apakah kemudian tugasnya selesai? Tentu tidak, penulis yang keren adalah penulis yang mengawal karyanya dari awal sampai akhir, termasuk pula proses pembuatan cover buku.…

Setelah kemarin BAKBUK.ID mengulas mengenai jenis tulisan fiksi. Di tulisan ini, kita bakal belajar mengenai tulisan non fiksi. Karena seperti sudah dituliskan sebelumnya, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Di manakah perbedaannya?…

Menulis memanglah menyenangkan tetapi sebelum menulis perlulah kita mengenali jenis tulisan yang akan kita hasilkan. Apakah fiksi atau non fiksi? Jangan sampai kita terjebak atau salah memasukkan kategori tulisan kita.…

Menulis opini merupakan salah satu bentuk eksistensi kita dalam berkarya. Ketika menulis opini kita dituntut untuk menulisnya dengan singkat, padat dan jelas.BAKBUK.ID akan mengupas mengenai cara menulis opini agar dapat dimuat…

Setelah bukumu terbit, tugas selanjutnya adalah membuat bukumu dikenal di pasaran. Tentu sebagai penulis  akan merasa bangga dan bahagia ketika hasil perjuangan kita berhasil diterima oleh pembaca. Lalu gimana sih…

BAKBUK.ID di tulisan singkat kali ini bakalan kasih cara cerdas buat memilih penerbit buku. Tentu muara dari sebuah karya adalah ketika berhasil diterbitkan menjadi buku. Tapi banyak juga penerbit yang "nakal"…

Sebagai penulis tentunya kita harus banyak membaca buku. Seberapa banyak sih buku yang kalian miliki gengs? Satu rak? Banyak rak? Atau malah berserak? Tak mengapa gengs, BAKBUK.ID bakalan kasih rahasia untuk merawat…

"Maaf, naskah anda tidak bisa diterbitkan di sini.", apa yang sahabat BAKBUK.ID lakukan ketika mendapat email balasan dari penerbit terkait naskah yang dikirimkan kepada mereka. Nyesek, sedih, kayak ditinggal gebetan atau…

Pernahkah mengalami writer's block? Ataukah sedang mengalami writer's block? Sebagai penulis, kadang writer's block menjadi ketakutan yang membuat naskah menjadi terbengkalai. Duh, jangan sampai deh naskah udah ditunggu penerbit malah…