Menjaga Pikiran Agar Tetap Positif

Bikin buku indie itu sangat mudah dan menyenangkan. Lho kok bisa? Salah satu keunggulan yang dimiliki penerbitan buku indie adalah kepastian dan kecepatan proses penerbitannya. Kadang-kadang teman-teman banyak yang harus menunggu berbulan-bulan naskahnya untuk diterbitkan. Itu juga kalau lolos!

Ada 3 hal mudah yang dapat dilakukan untuk bikin bukumu secara indie. Di balik 3 hal itu dibutuhkan sebuah niat dan tentunya konsistensi. Mari kita simak, 3 hal itu apa aja sih?

  1. Selesaikan naskahmu.

Seorang penulis layaknya seperti pelari yang sedang berjuang di arena lomba. Ia harus menyelesaikan naskah yang dibuatnya. Tak ada kata berhenti! Permasalahannya adalah seringkali tim redaksi mendapati curhatan mengenai naskah yang akhirnya jadi jamur di komputer atau laptop teman-teman. Sedih sekali, maka dari itu selesaikanlah.

2. Saatnya merapikan dan menghias bukumu.

Setelah selesai dengan naskahmu, tugasmu belum berakhir dong. Kalian harus mengatur tata letak, mengedit salah ketik dan juga membuat sampul. Namanya juga bikin buku indie, kalian harus berani membanjiri pikiran dengan ide kreatif. Tetapi jika kalian ternyata sudah buntu. Beberapa penerbit buku indie menyediakan jasa layouter dan juga editor.

3. Kirim ke penerbit!

       Menjelang kelahiran bukumu, masukkan naskahmu ke penerbit yang cocok denganmu. Penerbit yang mempermudahmu bukan mempersulitmu. Setelah itu tunggulah konfirmasi ndari mereka tentang naskahmu. Sembari menunggu kalian bisa berpikir ide untuk memasarkan bukumu. Mudah bukan? BAKBUK.ID juga menerima semua jenis naskahmu. Minat? Klik tautan berikut ini KIRIM NASKAH atau lewat WA 085811118866. (*)

 

Continue Reading

Sebuah buku yang enak dibaca serta laku di pasaran merupakan buah kerja keras dari sebuah tim yang luar biasa. Perjalanan sebuah naskah menjadi buku tidaklah semudah dibayangkan. Kadang kala kita…

Naskah kalian ditolak? Pasti kalo mental kalian gak kuat, kalian bakal gak nerusin cita-cita jadi penulis. Bukan berarti kalo naskah kalian ditolak dunia akan berakhir. Justru inilah kesempatanuntuk memperbaiki diri…

Siapa hayo yang suka salah ketik ketika bikin tulisan? Salah ketik merupakan "penyakit" yang sering dialami oleh penulis. Kadang kala salah ketik yang "parah" akan membuat editor menjadi malas untuk…

Mengawali tahun baru tentunya kalian tetap harus semangat menghasilkan karya baru. Bukankah begitu? Terkait judul di atas, mimin bakal kasih tau naskah kalian akan diterbitkan kapan. Gini bro dan sis,…