Korona yang masih berada di negeri ini membuat kita semua kadang kala harus kreatif untuk mengusir kebosanan. Bagi para penyuka Do it Yourself, boleh dong membuat membuat pembatas buku ala kamu. Ya itung-itung berkreasi, siapa tau malah laku juga dijual ke teman-teman.

Sebenarnya mudah kok membuat pembatas buku ala kamu. Kita bisa menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai yang kita punya. Kan malah sekalian melakukan reuse barang tersebut. Kira-kira nih barang apa saja yang bisa dimanfaatkan ketika ingin membuat pembatas buku versi kamu.

  1. Kertas origami
  2. Stik es krim
  3. Paper clip
  4. Pita
  5. Kertas karton
  6. Kertas koran
  7. Dedaunan kering

Tentunya tujuh barang di atas masih bisa bertambah lagi sesuai dengan kreativitas teman-teman semua. Yuk, mulai dibikin. Gassss…(*)

 

Continue Reading

Belakangan ini muncul istilah dalam dunia tulis menulis. Apabila pernah mendengar atau membacanya adalag proofreder. Profesi apakah gerangan? Lalu tugasnya ngapain aja sih? Apa pentingnya buat buku kita? Sabar dulu…

Pandemi ini entah akan berakhir kapan. Begitulah kiranya kalimat tersebut mengingatkan kita semua untuk selalu berjaga menghadapi korona. Semua mengalami perlambatan bahkan beberapa harus mengibarkan bendera putih. Menyerah dan kalah.…
Menjaga Pikiran Agar Tetap Positif

Bikin buku kok dalam hitungan hari? Kayak kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso aja. Mungkin kalian pada ketawa membaca kalimat di depan ya? Zaman semakin maju kok malah dipersulit. Sudah…
Menjaga Pikiran Agar Tetap Positif

Bikin buku indie itu sangat mudah dan menyenangkan. Lho kok bisa? Salah satu keunggulan yang dimiliki penerbitan buku indie adalah kepastian dan kecepatan proses penerbitannya. Kadang-kadang teman-teman banyak yang harus…

Zaman semakin maju, begitu pun juga dengan dunia penerbitan buku. Ketika dulu menulis buku harus menempuh proses berbulan-bulan dan makan hati. Maka sekarang itu tak perlu lagi terjadi. Penulis sendirilah…

Wabah korona memang sudah menghancurkan banyak negara termasuk Indonesia. Kedatangannya yang secara tiba-tiba dan dengan cepat meluas membuat kita semua terhenyak. Diam. Berjaga diri. Semuanya kita lakukan untuk memutus mata…