Tahapan Dalam Menulis Naskah Film

Halo teman-teman, dunia tulis menulis memang tak ada habisnya untuk dibahas. Salah satunya adalah menulis naskah film atau lazim disebut skenario. Semakin banyaknya film pendek yang bermunculan tentu dibutuhkan sebuah skenario yang berada di belakangnya.

Lalu bagaimanakah cara menulis naskah film yang biasanya dilakukan oleh para pekerja film. Pada dasarnya menulis skenario persis seperti menulis jenis tulisannya lainn. Awal mulanya, semua berasal dari riset yang kita lakukan. Setelah melakukan riset lalu apa?

  1. Buatlah tema film yang akan diangkat. Hasil riset yang sudah kalian kumpulkan harus dikerucutkan hingga muncul sebuah tema yang benar-benar menarik untuk dibuat sebuah film. Tuliskan dalam beberapa kalimat saja ide dasarmu atau juga disebut premis.
  2. Setelah berhasil menemukan premis, buatlah penjelasan mengenai ide dasarmu. Di sini kalian mulai memasukkan nama tokoh, sifat, serta permasalahan yang dihadapi.
  3. Berhasil membuat sinopsis pendek? Saatnya kalian menjabarakannya lagi. Buatlah alur cerita yang akan menjadi kekuatan lain dalam naskah film yang kalian buat. Tak lupa juga untuk menyempurnakan tokoh-tokoh yang ada di dalamnya.
  4. Jika semua aspek sudah selesai, saatnya kamu menulis draft naskah filmmu sesuai dengan format yang ada. Tulislah secara detail apa saja yang harus dilakukan tokoh dan suasana yang menyertainya.

Mudah bukan membuat naskah film ? (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *