Jaga Bukumu Agar Tidak Jamuran Saat Musim Penghujan

Buku konon adalah jendela dunia. Banyak yang bilang juga mengoleksi buku sama dengan membuka wawasan. Semakin banyak buku yang kita koleksi maka akan semakin besar pula tanggung jawab untuk merawatnya. Salah satu musuh terbesarnya adalah jamur yang ada di buku kita.  Bukan berarti kita tidak boleh mengoleksi buku, hanya saja kita harus rajin mengurusnya agar tidak jamuran. 

Buat kalian para pecinta buku, ada baiknya menyimak tips dari kami untuk menghadapi jamuran pada bukumu. Apalagi sekarang ini memasuki musim penghujan, jadinya kelembapan pastilah akan meningkat dan berpotensi menumbuhkan jamur di koleksi bukumu.

  1. Taruhlah bukumu di rak buku dengan posisi berdiri. Tujuannya agar buku tersebut memperoleh udara sehingga mengurangi tingkat kelembapan. Pastikan juga rak tersebut dalam keadaan terbuka ya.
  2. Pastikan bukumu sudah disampuli dengan plastik. Buku yang sudah diberikan sampul plastik setidaknya mampu mengurangi risiko rusak akibat terkena air.
  3. Berikan penutup plastik di rak bukumu. Cara selanjutnya adalah tutupi rak bukumu dengan plastik. Sesekali tetap dibuka ya agar terjadi pertukaran udara di rak tersebut.
  4. Jemur dan angin-anginkan bukumu secara berkala. Ini langkah yang penting untuk dilakukan. Ketika sinar matahari sedang muncul tak ada salahnya untuk menjemur bukumu ya.

Selamat mencoba dan mewariskan bukumu, selalu semangat dalam merawat bukumu. Perlakukan ia seperti pasanganmu. Ya kan? (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *