Lebih Dekat dengan Profesi Proofreader

Belakangan ini muncul istilah dalam dunia tulis menulis. Apabila pernah mendengar atau membacanya adalag proofreder. Profesi apakah gerangan? Lalu tugasnya ngapain aja sih? Apa pentingnya buat buku kita? Sabar dulu sob, mimin akan jelasin satu per satu pertanyaan kalian di atas. Harap bersabar, ini ujian…

Baiklah, penjelasan dari proofreader adalah seseorang yang menjadi memeriksa kelogisan isi atau substansi dari sebuah naskah sebelum diterbitkan secara luas. Apakah cuma itu saja tugasnya? Sebenarnya perbedaan antara editor dengan proofreader masih sangat belum terlihat jelas. Bisa saja seorang proofreader juga bisa melakukan pembenahan aspek teknis kebahasaan. Misalnya ejaan, salah ketik dan perbaikan minor lainnya.

Terakhir nih. apa pentingnya profesi proofreader untuk tulisan kita? Wolaaa jelas sangat penting. Tanpa sentuhan tangan mereka, bisa jadi tulisan kita malah tidak layak untuk dibaca secara luas. Kehadiran mereka adalah memberikan kesempurnaan dan keindahan bagi tulisan kita. Siapa yang ingin jadi proofreader? Seru lho…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *