Menunda Pernikahan Itu Wajar, Yuk Disimak Alasannya

Berondongan pertanyaan kapan menikah itu hampir selalu kita temui di setiap kesempatan. Apalagi kalau mau termasuk orang yang berkeinginan menunda pernikaha. Celaka dua belas! Tapi sebenarnya gak perlu khawatir banget gitu sih. Di zaman sekarang ini, menunda pernikahan itu hal yang wajar.

Tentunya ketika kamu mengambil keputusan untuk menunda pernikahan itu sudah tentu punya alasan dan dasar yang kuat. Dalam konteks ini kamu tidak berdiri sendirian, banyak pasangan yang memilih hal yang sama. Yuk disimak alasannya apa saja.

  1. Masih mengejar karir ataupun impian. Sebenarnya ini hal yang sangat wajar untuk dikejar dan dijadikan sebagai penyemangat dalam menjalani kehidupan. Logikanya sih ketika karirmu semakin menanjak maka pendapatanmu juga akan mengikutinya. Jadi yang masih di fase ini tidak apa-apa, nikmatilah dan teruslah berjuang! Ingat, walaupun nanti menikah ala low budget tetap saja butuh uang ya boskue. Sampai sini paham?
  2. Kemapanan bagi kedua belah pihak. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah soal kemapanan. Membincangkan kemapanan ini banyak hal yang dicakup. Mulai dari finansial hingga tempat tinggal. Pasangan yang moderat tentu sudah berpikir sejauh ini dong. Maka dari itu salinglah terbuka dan saling dukung untuk menuju sebuah kemapanan yang diinginkan.
  3. Kematangan emosi. Terakhir, kematangan emosi. Mungkin bagi orang-orang ini dianggap sebuah hal yang sepele. Eitsss…tunggu dulu, emosi itu menjadi kunci kebahagiaan dari kehidupan berumah tangga. Pacaran berantem, pas nikah semakin tambah berantemnya. Apa gak capek? Mau nikah apa tawuran? Kematangan emosi itu tidak bisa kalian peroleh secara kilat. Dipikir pas foto apa ya? Kalian harus berani menempanya bersama pasangan.
Nah, gimana? Kalian mau nikah cepat atau ditunda? Semua pilihan ada di tanganmu. Prinsipnya adalah ketika kamu belum bisa membuat dirimu bahagia, jangan deh ngajak hidup sengsara anaknya orang lain. Satu lagi, pernikahan itu bukan balapan tetapi lebih kepada kesiapan! (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *