Tips Mencari Kerja Fresh Graduate di Saat Pandemi Covid 19

Pandemi Covid-19 memunculkan tantangan baru bagi para pencari kerja termasuk fresh graduate.  Tidak sedikit perusahaan yang terdampak akibat wabah virus corona baru sehingga melakukan perampingan pegawai dan mengurangi perekrutan. Kondisi ini membuat fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan.

Lalu bagaimana langkah bagi fresh graduate untuk mengatasi persoalan tersebut? Director Coorporate Affairs Microsoft Indonesia, Ajar Edi membagikan sejumlah tips yang dapat dilakukan fresh graduate di tengah pandemi. Salah satunya adalah memperkuat brand dan profil digital pribadi.

“ Maksimalkan brand dan profil digital, buat profil yang bagus,” terangnya.

Berikutnya, cari insight dan tren yang tengah berekmbang. Lalu, hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memperkuat soft skill. Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membuka kesempatan yang semakin besar bagi para pencari kerja untuk dilirik perusahaan.

Dalam kesempatan itu, dia meminta para job seeker untuk menjadi pribadi yang otentik yakni tahu tujuan hidup dan bertanggung jawab. Selain itu juga menjadi pribadi yang bertumbuh dan berpikiran terbuka. Dengan menjadi pribadi otentik dan pribadi bertumbuh diharapkan bisa menjadi pribadi yang berintegritas.

“Sebenarnya apa hubungan berkarir dengan pribadi otentik dan bertumbuh? Sebab, perusahaan global itu mencari orang terbaik, sesuai dan selaras dengan value, budaya dan misi perusahaan,” terangnya.

Dia juga menyampaikan perlunya membangun jejaring yang baik untuk mendukung kesuksesan karir di masa mendatang. Dalam membangun jejaring seyogianya dilakukan secara profesional dan menghormati stakeholder serta berlaku sopan.

Bersikap positif

Resah karena tidak segera memperoleh pekerjaan merupakan fenomena yang seringkali dialami para fresh graduate. Dosen Fakultas Geografi UGM, Wirastuti Widyatmanti, Ph.D., meminta para fresh graduate untuk bisa selalu bersikap positif di masa tunggu pasca wisuda dan mendapatkan pekerjaan.

Dia pun memamparkan sejumlah cara yang bisa dilakukan agar bisa selau bersikap positif saat masa tunggu mendapat pekerjaan. Beberapa diantaranya dengan meningkatkan profil dan kepercayaan diri, mempublikasikan tugas akhir, mmeningkatkan soft skill serta meningkatkan keahlian yang disukai dan bermanfaat bagi karir dan kehidupan. Kemudian, bersikap positif atas pencapaian orang lain dan selalu berbuat baik berdoa serta bersukur.

Modal Kesuksesan

Sementara Direktur Utama PT. Danareksa Sekuritas, Dr.Friderica Widyasri Dewi menegasakan kepada calon wisudawan UGM untuk bisa percaya terhadap kemampuan diri. Sebab percaya diri menjadi salah satu modal kesuksesan di masa depan.

“Kalau Anda sendiri tidak percaya diri, maka siap ayang akan percaya. Karenanya harus percaya diri kalau Anda memiliki nilai tambah untuk perusahaan,”tuturnya.

Selain itu juga bersikap baik, memahami passion, serta pantang menyerah. Tak kalah penting membangun pertemanan dengan orang yang tepat dan berpikiran positif serta terus berdoa dan memohon restu orang tua. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *