Keuntungan Bikin Buku Indie

Bikin buku secara indie sedang marak akhir-akhir ini. Jalur ini sering dipilih untuk mempermudah menerbitkan karya yang dimiliki. Bisnis buku indie semakin marak di negeri ini. Bahkan di beberapa daerah, penerbit indie juga telah membuka toko untuk memasarkan produknya.Gairah meningkatnya buku indie sebenarnya merupakan sebuah angin segar bagi dunia literasi.

Pasti kalian bertanya-tanya keuntungan apa saja yang didapat dari bikin buku secara indie? Sebenarnya bikin buku secara indie ada beberapa keuntungan yang diperoleh. Apa saya kira-kira? Biar lebih jelas, bolehlah disimak penjelasannya di bawah ini.

  • Idealisme penulis tidak akan banyak diubah. Biasanya penulis memiliki keinginan untuk menyampaikan pesan di dalam ceritanya. Tetapi kalau di penerbit mayor biasanya akan dipangkas ide liarnya, apalagi jika masih pemula.
  • Penulis bisa melakukan kolabrorasi dengan penerbit atau juga komunitas untuk mengenalkan bukunya secara luas. Ini menjadi penting untuk dilakukan agar buku yang dibuat semakin mendapatkan perhatian di masyarakat.
  • Peluang diterbitkan lebih besar ketika masuk ke penerbit mayor. Bagian terakhir inilah yang sebenarnya perlu dipertimbangkan oleh teman-teman yang ingin menulis buku dan pasti diterbitkan. Tak ada salahnya teman-teman mencoba peruntungan di buku indie. Toh sekarang banyak penulis yang juga membuat buku secara indie. Selagi masih ada peluang, kenapa tidak? (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *