Bikin Buku Indie, Pahami Dulu Ukuran Kertas yang Diinginkan

Mengatur Tata Letak Halaman Bukumu Menggunakan Microsoft Word

Hai, kali ini BAKBUK.ID masih akan membahas mengenai buku indie. Sebelum kalian memantapkan hati bikin buku indie. Ada beberapa hal yang mesti kalian pahami. Bahasan yang akan diangkat pada tulisan ini adalah mengenai ukuran kertas yang akan digunakan untuk bukumu. Kami yakin mesti masih banyak yang bingung akan ukuran kertas. Tapi santuy saja kawan, kami akan memberikan informasinya untuk kalian semua.

Ukuran kertas yang akan dibahas pada tulisan ini berdasarkan kelaziman umum. Sebenarnya ukuran kertas ada banyak sekali. Jika itu dibahas semua nanti malah tulisanmu gak bakal selesai-selesai ya gak sih? Oke, kita langsung saja bahas kertas apa saja yang biasa digunakan untuk bikin buku indiemu.

  • Ukuran kertas A4 . Biasanya ukuran kertas ini digunakan untuk media pencetakan skripsi, proposal, dan lainnya. Kertas ini memiliki ukuran 21.0 x 29.7 cm. Ketika kawan-kawan memilih kertas ini maka perlu dipertimbangkan juga besarnya ukuran kertas serta kemudahan pembaca dalam menikmati tulisan kawan-kawan.
  • Ukuran kertas A5. Para penulis atau buku yang biasa kamu koleksi biasanya menggunakan ukuran kertas ini. Kertas ini sesuai dengan kelaziman ukuran buku yang biasa digunakan. Kawan-kawan bisa melakukan setting pada ukuran 14.8 x 21.0 cm.
  • Ukuran kertas B5. Yang terakhir, kertas ini akan bisa dijumpai ketika membeli majalah. Ukuran kertas ini bisa juga digunakan oleh kawan-kawan sebagai yang dipilih. Ukuran kertas ini 17.6 x 25 cm

Apa pun pilihan ukuran kertas yang dipilih, kuncinya hanya satu. Selesaikan dulu naskahmu. Betul, betul, betul? (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *