Mengetahui Jenis-jenis Esai Yang Biasa Kita Temui

Hai…gimana kabar teman-teman semua? Mimin harap semuanya dalam keadaan baik-baik saja ya. Dalam tulisan ini, mimin akan membahas mengenai jenis-jenis yang biasa kita temui. Baik di media cetak atau bahkan daring. Jadi nanti ketika teman-teman mau menulis, gak perlu bingung lagi memilih jenisnya.

Teman-teman, berdasarkan sumber yang diperoleh, ada beberapa jenis-jenis esai yang lazom digunakan dalam dunia tulis menulis. Kira-kira apa saja sih? Yuk mari kita simak.

  • Esai deskriptif. Pada esai deskriptif ini para penulis diajak untuk mampu menggambarkan subjek atau objek dengan mendetail. Sehingga pembaca bisa merasakan apa yang dilihat atau dirasakan oleh penulis. Esai ini mungkin terlihat sepele tetapi sebenarnya membutuhkan kemampuan bahasa yang mumpuni dalam mengolah kata.
  •  Esai argumentatif. Esai yang kedua adalah esai argumentatif. Melalui esai ini penulis berusaha memberikan tanggapannya terhadap sebuah fenomena yang sedang terjadi. Penulis juga bertugas membangun argumennya untuk meyakinkan pembacanya. Sebuah esai argumentatif haruslah memiliki keberpihakan, entah itu kubu yang setuju atau menolak.
  • Esai kritik. Esai berikutnya adalah esai kritik. Sudah sangat jelas bahwa esai kritik ini bertujuan memberikan masukan atau juga penilaian. Biasanya esai ini akan merespon sebuah karya yang dihasilkan. Misalnya, musik, film, karya sastra, karya seni, dan sebagainya.
  • Esai cukilan watak. Esai cukilan watak merupakan salah satu jenis esai yang membahas tentang tipe atau watak seseorang dalam suatu isu atau sebuah pembahasan kepada pembaca. Dalam jenis esai watak ini, seorang penulis dapat menyisipkan cuplikan dari watak seseorang terhadap isu yang terkait dengan pembaca. Cuplikan dalam esai watak ini tidak dijabarkan secara lengkap tentang biografi seorang tokoh melainkan hanya sepenggal sifat atau watak tokoh terkait.
Oya, kami masih membuka Donasi Esai untuk melawan Corona. Semua esai yang dikirimkan akan diterbitkan. Kami tunggu. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *