Membersihkan Masker Kain Yang Benar Ala Milenial Hits

Pemerintah secara resmi sudah mengeluarkan imbauan untuk mengenakan masker kain ketika melakukan aktivitas. Sebagai warga negara yang baik dan ingin virus COVID 19 segera hilang tentunya kita harus mematuhinya. Lakukanlah ini demi sesama yang berada di sekitar kita. Keungggulan dari penggunaan masker kain adalah bisa dicuci. Tetapi walaupun bisa dicuci, kita tidak bisa sembarangan membersihkannya.

Ketika menggunakan masker kain kita juga mendukung tenaga medis serta UMKM yang sedang berjuang di badai korona ini. Membersihkan masker kain memang ada prosedurnya. Harapannya setekah dicuci nanti akan dapat digunakan lagi untuk menghalau virus yang ada. Adapun cara membersihkan masker kain yang benar ala anak milenial hits adalah sebagai berikut :
  1. Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mencuci masker kain. Misalnya saja, detergen, ember, penjepit baju dan sebagainya. Kalau gak punya perlengkapan tersebut, bisa pinjam ke tetangga.
  2. Sebelum membersihkan masker, cucilah tangan terlebih dahulu. Cucilah kedua tangan dengan cara yang benar. Jangan ngeyel!
  3. Larutkan detergen di tempat yang sudah disediakan, tentunya bukan di bak mandi ya.
  4. Rendam masker kain yang kalian punya. Pliisss jangan dicampur dengan baju lainnya atau bahkan pakaian dalam. Biarkan masker sendirian. Rendam sekiranya 10 menit saja. Ingat ini masker bukan kentang.
  5. Kuceklah masker kain yang sudah direndam dengan lembut. Jangan sampai penuh kekerasan. Maskermu nanti akan jadi sobek dan jelek.
  6. Bilaslah masker yang sudah kamu rendam dan kucek. Siapa tahu dengan membilas masker, kenanganmu bersama dengan dia akan larut juga. Masuk ke selokan dan kembali ke rumah mantan.
  7. Keringkan maskermu dengan handuk yang kering dan bersih. Pastikan handuk yang digunakan adalah milikmu bukan orang lain.
  8. Jemur maskermu di bawah sinar matahari langsung. Bukan di bawah sinar rembulan, yang ada maskermu malah keluar jamur.
  9. Setelah kering, masker kainmu siap disetrika dengan suhu tertentu agar virus yang nempel mati dan klepek-klepek. Gak usah dikasih pewangi segala, cukup tubuhmu aja.
  10. Simpanlah maskermu di tempat yang kering dan tidak lembap. Ini dilakukan agar masker siap sedia digunakan kapan saja. Jangan taruh di bawah kasurmu ya!
Semoga tips membersihkan masker kain yang benar ala milenial hits ini berguna dan membantu. Stay safe, stay healthy. (*)

You might also like

One thought on “Membersihkan Masker Kain Yang Benar Ala Milenial Hits”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *