Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh Ketika #DiRumahAja

Serangan virus COVID 19 di Indonesia membuat masyarakat dan pemerintah menjadi was-was. Berbagai upaya dilakukan untuk memutus rantai penyebarannya. Beberapa langkah pun ditempuh, social distancing, physical distancing, wok from home bahkan baru-baru ini diterapkan PSBB.

Kunci agar kita tidak terpapar virus Corona sebenarnya dimulai dari kedisiplinan. Hal yang paling mudah dapat dilakukan adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi tidak cukup sampai situ aja, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Kita dapat mengonsumsi makanan yang biasanya dengan mudah ditemui di pasar. Tidak perlu repot-repot mencari makanan yang susah didapat apalagi di zaman seperti sekarang ini. Berikut adalah makanan yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh :

  • Bayam.  Sayuran kesukaan Popeye ini ternyata memiliki banyak kandungan antioksidan. Selain mengandung vitamin C, bayam juga memiliki kandungan vitamin A. Kuncinya adalah jangan memasaknya terlalu lama.
  • Brokoli. Makanan berikutnya yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah brokoli. Kandungan vitamin A, C, dan E menjadi komposisi utamanya. Kandungan serat dan antioksidan juga ada di sayuran ini.
  • Bawang putih. Makanan selanjutnya adalah bawang putih, si mungil putih ini memang tak boleh dilupakan. Zat allicin yang ada di dalam bawang putih memicu rangsangan agar tubuh memproduksi produksi sel darah putih untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat lainnya adalah mengurangi potensi risiko serangan jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Kunyit. Zat kurkumin yang membuat kunyit menjadi berwarna kuning dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Fungsi lainnya dari kunyit untuk mencegah tubuh kita mengalami peradangan.
  • Buah-buahan. Ini dia makanan yang terakhir, buah-buahan. Meningkatkan kekebalan tubuh dapat dilakukan juga dengan jalan mengonsumsi buah-buahan. Pilihlah buah yang berwarna cerah dan terang. Beberapa buah yang dapat teman-teman pilih untuk dimakan seperti, pepaya, jeruk, lemon, kiwi, stroberi, mangga, jambu, dan sebagainya. Stay safe, stay healthy. (*)

You might also like

2 thoughts on “Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh Ketika #DiRumahAja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *