Perbedaan PSBB dengan Karantina Wilayah

Akhir-akhir ini berdar luas wacana mengenai PSBB versus karantina wilayah. Kedua istilah tersebut mendapatkan tanggapan beragam dari warga net. PSBB merupakan akronim dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Sepintas lalu tidak ada yang membedakan kedua istilah tersebut. Ternyata setelah dicermati lebih lanjut, ada perbedaan antara PSBB dengan karantina wilayah.

Oke sekarang kita akan bahas, apa sih yang menjadi perbedaan keduanya. PSBB dan karantina wilayah sebenarnya mengacu UU No 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Undang-undang tersebut merupakan dasar hukum PSBB.

PSBB dapat diartikan sebagai pembatasan kegiatan penduduk di sebuah wilayah yang terkontaminasi atau terinfeksi sebuah penyakit. Langkah ini ditujukan untuk mengurangi penyebaran penyakit di sebuah wilayah. Tindakan yang dilakukan antara lain meliburkan kegiatan yang berkaitan dengan khalayak umum serta pembatasan aktivitas di tempat umum.

Karantina wilayah memiliki pengertian seperti PSBB hanya saja menitikberatkan adanya penutupan akses pintu masuk dan keluar wilayah yang dikarantina. Hal ini berbeda dengan PSBB yang masih membolehkan masyarakat masih bisa beraktivitas masuk dan keluar dari daerah yang dikarantina. Pemberlakuan karantina wilayah ini juga harus dilakukan secara ketat oleh pihak pejabat karantina dan kepolisian. Jadi mau diberlakukan PSBB atau karantina wilayah, kuncinya tetaplah pada diri kita masing-masing. Kita harus memiliki kesadaran akan melindungi diri sendiri demi kebaikan orang lain untuk menahan laju COVID 19. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *