Mengenal Lebih Dekat Apa itu Parafrasa

Di dalam dunia kepenulisan banyak sekali istilah yang digunakan. Salah satunya adalah parafrasa. Kata tersebut merupakan serapan dari bahasa Inggris yakni paraphrase. Maka tak ada salahnya untuk mengenal lebih dekat apa itu parafrasa.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan parafrasa itu? Dan apa fungsinya? Mengutip dari KBBI, pengertian parafrasa adalah sebagai berikut ini :

  1. n Ling pengungkapan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi tuturan yang lain tanpa mengubah pengertian
  2. n Ling penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi

Pada dasarnya parafrasa merupakan sebuah upaya untuk menceritakan kembali gagasan yang sudah kita baca. Tantangannya di sini adalah bagaimana menceritakan ulang gagasan tersebut tanpa terjebak dalam plagiasi. Selain itu, ketika kita menggunakan metode parafrasa membuat tulisan lebih bervariasi karena kutipannya tidak melulu menggunakan kutipan langsung. (*)

You might also like

One thought on “Mengenal Lebih Dekat Apa itu Parafrasa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *