Apa Itu Disinfektan? Cairan yang Kabarnya Dapat Mematikan Virus Corona

Teror virus Corona di hampir seluruh belahan dunia membuat kita semua dalam kecemasan. Tapi di balik kecemasan yang sedang terjadi, kita semua harus tetap optimis dan selalu waspada. Keberadaan virus Corona memberikan sebuah pengetahuan sekaligus pembelajaran kepada umat manusia.

Beberapa istilah muncul ke publik melalui berbagai kanal informasi. Semisal, ODP, PDP, suspect hingga disinfektan. Pada tulisan ini, kita akan mencoba mengulik apa sih sebenarnya disinfektan yang kabarnnya dapat mematikan virus Corona.

Mengacu kepada KBBI definisi dari diinfektan adalah bahan kimia (seperti lisol, kreolin) yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik; obat untuk membasmi kuman penyakit. Kandungan yang terdapat pada disinfektan adalah hidrogen peroksida. Yang membedakan dengan antispetik adalah kandungan peroksida di disinfektan lebih tinggi.

Pengunaan disinfektan pun harus berhati-hati dan tidak mengenai kulit. Karena akan mengakibatkan iritasi pada kulit bagian terluar. Sebenarnya disinfektan dapat dengan mudah ditemui pada cairan pembersih lantai, dapur dan sebagainya. Jadi gimana? Ketika sudah paham penggunaan disinfektan maka seharusnya kita tak boleh panik apalagi malah menyebarkan hoaks di media sosial. Be a smart people…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *