Mengenal Istilah ODP, PDP, dan Suspect dalam Penanganan Virus Corona

Ketika virus Corona mulai menyerang negeri ini, berbagai pihak pun berupaya untuk mengurangi penyebarannya. Mulai dari tindakan pencegahan hingga perawatan. Beberapa istilah bermunculan di ranah publik perihal penanganan virus yang mematikan ini.

Jika teman-teman mengikuti perkembangan virus Corona di Indonesia akan mendapati istilah seperti ODP, PDP, dan suspect. Biar teman-teman lebih memahami istilah tersebut ada baiknya untuk mengenali istilah ODP, PDP, dan suspect dalam penanganan virus Corona.

          Seseorang dikatakan masuk dalam kategori ODP apabila ia sempat bepergian ke negara lain yang merupakan pusat penyebaran virus Corona. Anda juga akan masuk sebagai ODP apabila pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif Corona. Orang yang masuk dalam kelompok ini adalah mereka yang belum menunjukkan gejala sakit.

Orang yang masuk ke dalam kategori ini sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas. Syarat PDP yakni orang  tersebut mengalami gejala demam tinggi (>38 C) atau ada riwayat demam, ISPA, pneumonia ringan hingga berat serta memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit atau kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam 14 hari terakhir.

  • Suspect

Suspect Corona adalah orang yang diduga kuat terjangkit infeksi COVID-19, dengan menunjukkan gejala virus Corona dan pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif Corona. Pasien yang masuk dalam kategori ini akan diperiksa menggunakan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. Pemeriksaan ini akan dilakukan untuk melihat status infeksi Corona di tubuh suspect tersebut: positif atau negatif.

Semoga ulasan di atas membantu teman-teman untuk tidak panik dalam menghadapi virus Corona 19. Tetaplah waspada! Apabila ingin mengakses informasi resmi tentang penanganan Corona di Indonesia bisa mengakses tautan berikut ini https://www.covid19.go.id/

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *