Mengenal Kata Lockdown Yang Muncul Akibat Virus Corona

Mengenal Kata Lockdown Yang Muncul Akibat Virus Corona

Semenjak virus Corona mulai merebak ke beberapa negara. Kebijakan lockdown pun diambil sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau yang juga dikenal dengan Covid 19. Beberapa negara seperti Arab Saudi, Italia, Filipina telah mengambil kebijakan ini. Bahkan baru-baru ini kota Surakarta juga melakukan hal yang sama. Lantas apakah arti kata lockdown itu?

Secara leksikal lockdown berarti kuncian. Jika ditempatkan dalam konteks penyebaran virus Corona adalah pembatasan akses keluar masuk sebuah daerah. Pemerintah setempat melakukan kebijakan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Corona.

Sebenarnya kata lockdown dapat diartikan sebagai isolasi. Penggunaan kata ini merujuk kepada pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia yang lain. Hal ini berbeda dengan kata karantina lebih menunjukkan lokasi atau tempat penampungan yakni daerah terpencil guna mencegah terjadinya penularan penyakit dan sebagainya.

Gimana sudah semakin mengenal kata lockdown yang muncul akibat virus Corona. Semua memang tetap harus waspada tetapi bukan berarti membunuh rasa kemanusiaan kepada sesama.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *