Menjaga Pikiran Agar Tetap Positif

Menjaga Pikiran Agar Tetap Positif

Menjaga pikiran agar tetap positif bukanlah hal yang mudah. Di zaman yang semakin mudah seperti sekarang ini menyebabkan hal tersebut menjadi sebuah tantangan untuk dilakukan. Derasnya informasi sekaligus berita yang tidak jelasnya semakin memperburuk keadaan kita.

Berpikir positif sebenarnya merupakan salah satu kunci dalam menjalani kehidupan ini. Pikiran yang positif akan memberikan dampak yang baik pula untuk kehidupan yang kita jalani. Menjaga pikiran agar tetap positif sebenarnya dapat kita lakukan. Asalkan kita mengetahui caranya dan berniat melakoninya.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kehidupan bahagia tercapai. Tentunya dimulai dari sebuah pikiran yang positif.

  1. Memahami diri sendiri. Sebelum memabngun pikiran yang positif, kita harus bisa mengerti diri kita secara mendalam. Jangan sampai kita malah tidak mengenali diri kita sendiri. Nantinya kita tidak akan mampu melakukan evaluasi atas apa yang kita alami.
  2. Selalu bersyukur. Setelah memahami diri kita sendiri, tahapan selanjutnya adalah selalu bersyukur. Kita kadang lupa untuk bersyukur atau mungkin bersyukur jika sewaktu bahagia saja. Seharsunya bersyukur itu ketika apapun yang kita alami. Termasuk juga menerima sifat yang kita miliki.
  3. Temukan lingkungan yang mendukungmu. Tak dapat dipungkiri lingkungan sekitar akan membawa pengaruh untuk dirimu. Maka carilah lingkungan yang mendukungmu untuk berpikir positif bukan kebalikannya.
  4. Ubahlah kata “tidak bisa” menjadi “bisa” . Bisanya sebelum menjalani sebuah tanggung jawab kita akan mengeluh terlbih dulu. Itulah yang membuat pekerjaan kita menjadi tidak akan maksimal. Kita sudah mengotori pikiran kita terlebih dahulu. Maka mulai sekarang ubahlah kata-kata tersebut dan berikan sugesti positif untukmu.
  5. Beristirahatlah dengan cukup. Setelah melakukan berbagai rangkaian aktivitas maka tubuh dan pikiran pun akan lelah. Saatnya kamu beristirahat. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan tubuh kita. (*)

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *