Mengatur Tata Letak Halaman Bukumu Menggunakan Microsoft Word

Mengatur Tata Letak Halaman Bukumu Menggunakan Microsoft Word

Janganlah menjadi penulis yang malas! Di era seperti sekarang ini, sebagai penulis kalian harus gercep untuk memanfaatkan setiap peluang yang dapat digunakan untuk menerbitkan naskahmu menjadi buku. Tetapi banyak sekali penulis yang kadang-kadang mengabaikan tata letak untuk naskahnya. Apakah kamu salah satu di antaranya?

Sebenarnya mengatur tata letak atau bahasa kerennya adalah layout bisa juga menggunakan microsoft word. Kalian gak perlu panik harus menguasai aplikasi yang bikin kepala pening. Kalau yang mudah saja bisa, kenapa harus memilih cara yang sulit.

Nah, untuk itu mimin bakalan ngasih cara untuk mengatur tata letak halaman bukumu dengan menggunakan microsoft word. Sudah siap?

  1. Menentukan ukuran kertas yang akan digunakan. Sebuah buku tentunya akan memiliki ukuran kertas yang berbeda. Ada banyak ukurang kertas lho. Kalau selama ini hanya mengenal A4, ada pula A0 hingga A8. Biasanya buku yang beredar di pasaran berukuran A5. Biar buku kalian sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kalian tinggal masuk ke bagian layout, klik page setup, kemudian klik paper. Pilihlah ukuran kertas yang diinginkan. Setelah selesai klik ok.
  2. Menentukan margin buku. Jangan dianggap sepele sebuah margin pada sebuah buku. Margin menentukan kenyamanan pembaca dalam menuntaskan buku yang sedang dibacanya. Ada empat buah margin yang ada. Margin atas, bawah, luar dan dalam. Margin dalam digunakan untuk mengatur ketika nantinya buku akan dilem dan dijadikan satu. Margin bawah dan atas digunakan untuk memberi ruang penomoran halaman. Bisa juga untuk mengatur header dan footer. Sedangkan margin luar digunakan agar tangan pembaca tidak menutupi teks yang sedang dibacanya.
  3. Penomoran halaman. Sebuah buku akan memiliki halaman yang berbeda. Tapi tahukah kalian bahwa ada aturan untuk membedakan nomor halamannya? Biasanya nomor genap akan berada di sisi kiri dan nomor ganjil di sisi kanan. Pastikan kalian sudah memilih different odd and even di page setup.

Silakan berkreasi untuk buku yang sedang kamu buat yesss…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *