Cara Menyampaikan Pesan dalam Ceritamu

Sebuah cerita yang ditulis hendaknya memiliki pesan moral di dalamnya. Sekeren apapun cerita atau tulisan yang kita buat akan menjadi percuma jika tak ada pesan yang disampaikan. Tentu kita akan menjadi viral tetapi bukan karena tulisan kita yang bagus malah sebaliknya.

Menyampaikan pesan di dalam cerita yang ditulis membutuhkan sebuah kemampuan yang diasah terus-menerus. Bukankah seorang penulis yang baik adalah pembelajar sejati? Biar kalian yang sedang belajar dan ingin jadi penulis lebih mudah dalam menyampaikan pesan dalam sebuah cerita. Mimin akan memberikan sedikit bahan yang bisa buat referensi.

Ada teknik yang dapat digunakan dalam menyampaikan pesan dalam ceritamu. Kira-kira apa saja yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam ceritamu ? Ini dia caranya…

  1. Gunakan tokoh yang ada di dalam ceritamu sebagai si pembawa pesan. Sebuah cerita tentunya akan memiliki tokoh di dalamnya. Penulis dapat menggunakan tokoh sebagai media penyampai pesan dalam cerita. Kekuatan penggambaran tokoh menjadi sangat penting jika memilih mmetode ini.
  2. Pergunakan dialog untuk menyampaikan pesan ceritamu. Dialog adalah nyawa dalam sebuah tulisan. Tanpa dialog dalam sebuah cerita maka akan hambar. Dialog juga dapat digunakan sebagai media menyampaikan pesan.
  3. Buatlah jalinan cerita yang kuat. Metode terakhir yang dapat digunakan adalah mengandalkan kekuatan cerita. Di sinilah kemampuan penulis untuk mendeskripsikan dan menarasikan menjadi hal penting yang harus dimiliki.

Dari tiga tips di atas tentunya teman-teman bisa untuk menggabungkannya atau bahkan memilih salah satu. Semua tergantung kebiasaan dan latihan. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *