Cara Merawat Kucing Untuk Pemula

Cara Merawat Kucing Untuk Pemula

Kucing merupakan peliharaan yang lucu dan banyak orang memutuskan memeliharnya di rumah. Tingkahnya yang kadang manja membuat semakin disukai. Tetapi tahukan teman-teman bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara kucing. Apalagi masih pemula dalam memelihara kucing. Alangkah baiknya untuk membaca tips berikut sebagai panduan. Jangan sampai malah kucingnya mati, kan jadi sedih.

Cara merawat kucing untuk pemula sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan :

  1. Pastikan kucing tersebut bukan milik orang lain. Jangan sampai ketika kamu sudah memilhara kucing digugat sama tetanggamu atau pemiliki kucing tersebut. Itu rasanya kayak ditinggal pas lagi sayang-sayange.
  2. Berilah kucingmu identitas. Setelah meyakini bahwa kucing itu milikmu maka sebagai bentuk legalitasnya adalah dengan memberi identitas. Bisa dengan diberi nama atau dapat pula diberikan kalung di lehernya.
  3. Jangan lupa memberi makan yang sesuai. Menurut para ahli, berilah kucing peliharaan dengan makanan kucing bukan anjing. Kandungan di dalamnya sangatlah berbeda. Pastikan makanan yang diberikan sesuai dengan nutrisi kucing.
  4. Secara rutin periksakan kucing ke dokter hewan. Ini juga hal yang perlu diperhatikan pula. Tujuannya adalah biar kesehatan kucingmu terdeteksi dengan baik. Sesuai kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.
  5. Lakukan perawatan untuk bulu kucingmu secara berkala. Perawatan untuk kucing harus dilakukan secara rutin, ya bukan berarti setiap hari pula. Paling tidak jika bulunya sudah terlihat jelek dipandang maka bolehlah dimandikan dan dirawat.

Tips sederhana di atas semoga bisa membantu teman-teman yang masih pemula dalam merawat kucing. Yang terpenting dari itu semua adalah kasih sayang dan ketulusan hati teman-teman dalam merawatnya. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *