Mencegah Virus Corona Bagi Tubuh Kita

Merebaknya virus Corona telah membuat kita semua menjadi harus meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga kesehatan. Termasuk juga kita yang berada di Indonesia. Virus Corona pada dasarnya gejalanya mirip dengan flu yang biasa kita alami. Hanya saja ia bersifat mematikan.

Kita memang harus waspada tapi bukan berarti takut atau bahkan berhenti beraktivitas. Virus Corona bisa kita cegah kok. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus Corona di antaranya adalah sebagai berikut :

  •  Membersihkan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi publik.
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, gunakan alkohol 70-80% hand rub.
  • Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ketika memiliki gejala saluran pernafasan, gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan.
  • Jika memiliki gejala yang menyerupai virus Corona bisa langsung menuju ke dokter ataupun fasilitas kesehatan terdekat.

Seperti kata pepatah, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Sudah menjadi tugas kita semua untuk mencegah virus Corona menyebar di lingkungan sekitar kita.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *