Etika Berkomunikasi Melalui WhatsApp Kepada Penerbit

P

P

P

Seringkali mimin BAKBUK.ID menerima pesan di whatsapp yang hanya bertuliskan huruf P. Bayangkan dalam sehari ada puluhan pesan yang mimin kayak gitu semua. Dipikir mimin ini dukun apa ya? Bisa tau identitas pengirim pesan tersebut. Belum lagi kalau mimin balesin nanti dia jawabnya juga gak jelas. Untunglah mimin ini penyabar lho hahahaha…

Whatsapp memang masih menjadi media andalan dalam berkirim pesan namun tetap saja ada etika yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi. Apalagi kalian masih penulis pemula dan berkirim pesan hanya diawali dengan huruf P. Bukannya penerbit jahat ya tetapi tanpa ada maksud dan tujuan yang jelas tak akan berlanjut ke pembahasan naskahmu.

Mimin sebenarnya merasa prihatin dengan keadaan tersebut. Sehingga mimin harus menulis artikel ini biar teman-teman tetap memiliki etika untuk berkomunikasi dengan penerbit.

  1. Perkenalkan diri teman-teman dengan selengkap-lengkapnya. Logikanya adalah ketika teman-teman masih menjadi penulis pemula, kan gak mungkin penerbit nyimpen nomor kalian.
  2. Utarakan maksud dan tujuan kenapa teman-teman berkirim pesan kepada penerbit. Apakah ingin menarik maskah? Menanyakan nasib naskah? Dan hal yang lainnya. Biasakan untuk membuatnya dalam kalimat yang efektif.
  3. Perhatikan penggunaan bahasa. Jikalau berkirim pesan kepada penerbit tentunya teman-teman bisa memilah dan memilih bahasa yang digunakan. Gak mungkin juga kan mengirim pesan dengan gaya bahasa kayak temen-temen seumuran?
  4. Aturlah waktu pengiriman pesan. Penting sekali untuk mempertimbangkan waktu pengiriman pesan. Pihak penerbit (editor) juga butuh waktu untuk istirahat juga kan? Gak mungkin juga 24 jam boskueee.
  5. Ucapkan terima kasih kepada pihak penerbit. Sebagai penutup dari rangkaian komunikasi yang dilakukan, ucapkan terima kasih.

Tips di atas akan menjadi percuma jika hanya dibaca tanpa ada aksi nyata dari teman-teman semua.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *