Nulis Kok Nunggu Mood. Kapan Selesainya Naskahmu?

Kemarin mimin adain sedikit survei kecil-kecilan tentang kendala untuk menyelesaikan sebuah tulisan. Banyak sekali respon yang diberikan. Mimin ucapkan terima kasih. Dari sekian banyak jawaban yang dikirimkan sebagian besar menjawab mood.

Mood tampaknya masih menjadi momok menakutkan yang mengganjal selesainya tulisan teman-teman ya? Hmmm…kalau begini caranya tulisan teman-teman akan selesai berdasarkan mood yang sedang dirasakan. Pertanyaannya, terus kapan selesainya?

Sebetulnya jika kita memang berniat menjadi penulis. Bukan penulis yang moody, tulisan yang dibikin akan bisa diselesaikan. Mimin akan memberikan sedikit bantuan untuk mengatur mood yang dirasakan. Mood itu bisa diatur kok, tenang saja.

  1. Selalu berikan sugesti positif di pikiran teman-teman. Pertama kali yang harus kalian lakukan adalah menanamkan bahwa teman-teman bisa menyelesaikan tulisan yang dibuat. Memastikan memiliki niatan untuk menyelesaikan.
  2. Bosan melanda, jangan panik dan tetaplah tenang. Ketika bosan sudah melanda maka kalian merenung dan memikirkan tentang hal yang menyenangkan atau bisa juga prestasi yang pernah dicapai. Jadikan hal itu pelecut semangat teman-teman!
  3. Buatlah target setiap harinya. Sebagai seorang penulis teman-teman tetap harus membuat target. Hal ini bertujuan untuk semakin memaksimalkan mood kalian yang sedang baik.
  4. Hadapi masalah (tulisan), jangan ditinggalkan! Jadilah penulis yang pemberani bukan pengecut. Ini hal yang penting dicamkan dan dilakukan. Sampai kapan tulisan kalian akan mangkrak di komputer? Semakin kalian menumpuk banyak tulisan maka akan semakin bingung pula untuk menyelesaikannya.
  5. Sempatkan untuk berolahraga. Hal yang terakhir dapat dilakukan untuk membuat mood baik adalah dengan cara melakukan olahraga. Olahraga yang rutin akan membuat hormon yang ada di tubuh kalian menjadi membaik. Ini akan mempengaruhi mood kalian untuk menyelesaikan tulisan.
Inti dari tulisan di atas adalah mood sebenarnya bisa teman-teman lawan kok. Jangan pernah menyerah untuk mewujudkan impian menjadi penulis.(*)

 

You might also like

One thought on “Nulis Kok Nunggu Mood. Kapan Selesainya Naskahmu?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *