Usir Bosan Ketika Kamu Sedang Membaca

Membaca adalah salah satu cara untuk mengusir kegabutan yang melanda. Bagi teman-teman yang suka membaca tentunya akan dengan mudah melahap sebuah buku. Kadang memang benar kata pepatah buku adalah candu.

Namun sebagai manusia memiliki musuh terbsesar yaitu bosan. Belum lagi jika ada rasa malas melanda. Sudah merasa malas, bosan pula. Double kill! Rasa bosan sebenarnya dapat kita lalui kok, asalkan tahu cara buat ngelewatinnya.

Mengusir rasa bosan ketika membaca sebenarnya bisa dilakukan oleh masing-masing dari kita. Pengen ntiba gak?

  1. Kenali buku yang akan dibaca. Mengenali buku yang akan dibaca sebenarnya sama dengan penjajakan kepada gebetan. Carilah sumber terpercaya yang sudah mereview buku tersebut, misalkan dari internet atau temanmu yang sudah membaca. Jadi nanti ketika kamu membeli buku tersebut tidak merasa bersalah dan “terpaksa” membacanya.
  2. Buatlah suasana yang asyik terlebih dahulu. Membaca adalah kegiatan yang butuh konsentrasi penuh. Maka dari itu teman-teman harus bisa mengondisikan tempat yang digunakan untuk membaca. Kecuali teman-teman bisa membaca buku di tengah pasar atau hajatan pernikahan mantan. Mungkin lho!
  3. Sediakan makanan atau minuman di dekatmu. Beberapa tipe pembaca biasanya menyediakan makanan atau minuman sebagai teman pendamping membaca sebuah buku. Ketika bosan sudah melanda, biasanya mereka akan menikmati hidangan yang ada. Tujuannya untuk refreshment biar mata dan otak sedikit beristirahat. Tapi jangan ambil makanan dan minuman dari meja sebelah ya. Pliss!!!
  4. Hirup nafas dan keluarlah sejenak. Jangan terlalu tegang ketika membaca daripada nanti apa yang kamu baca malah menguap seperti kenanganmu. Jika dirasakan sudah bosan dengan bacaan yang sedang kamu baca. Istirahatlah! Gerakkan badan dan ambilah nafas, kalau perlu lakukan aktivitas fisik agar syaraf serta otot kembali segar.

Selamat melahap bacaan yang sedang kamu baca ya, sekian tips dari mimin BAKBUK.ID. Tatkala bosan datang, usirlah! (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *