Simak Syarat Berikut Bila Kamu Ingin Jadi Editor Buku

Tahun ajaran baru buat para dedek mahasiswa sudah dimulai. Beberapa kali mmin mendapatkan pertanyaan mengenai cara menjadi editor buku. Mimin sendiri merasa bersyukur masih ada yang berminat menggeluti dunia ini.

Menjadi editor buku sebenarnya hal yang mengasyikkan kok. Kalian bisa ketemu dengan banyak orang-orang baru. Tentu jaringan teman-teman akan semakin banyak. Mulai sekarang teman-teman harus membiasakan untuk mengenal dunia editing buku.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain :

  1. Memiliki pengetahuan yang luas. Sebagai seorang editor, pengetahuan teman-teman haruslah luas. Tidak boleh hanya memiliki satu sudut pandang. Ini akan berbanding dengan naskah yang akan masuk kepada teman-teman.
  2. Memiliki kepekaan bahasa. Yang dimaksud memiliki kepekaan bahasa adalah teman-teman harus mau dan mampu untuk mempelajari segala yang berkaitan dengan bahasa. Entah itu PUEBI atau bahasa yang sedang populer. Tidak menutup kemungkinan juga menguasai bahasa asing.
  3. Sabar dan teliti. Editor yang baik adalah orang yang memiliki tingkat kesabaran dan ketelitian tinggi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya typo ataupun naskah yang mengandung konten negatif.
  4. Mudah bergaul. Poin terakhir adalah yang sebenarnya juga penting karena seorang editor harus mampu bergaul dengan baik. Selain untuk mempermudah dalam mencari naskah juga menjaga relasi dengan penulis.

Semakin bertumbuhlah para editor buku di Indonesia. Majukan literasi!(*)

You might also like

One thought on “Simak Syarat Berikut Bila Kamu Ingin Jadi Editor Buku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *