Teknik Story Telling Untuk Menarik Pembaca

Seperti yang mimin janjikan kemarin, di akhir pekan ini akan membahas mengenai teknik story telling untuk memikat pembacamu. Semoga tulisan terakhir mengenai story telling ini akan membuat kalian lebih rajin berlatih dan bukunya laku keras di pasaran. Amin.

Ndak usah lama-lama lagi saatnya mimin akan bahas mengenai teknis story telling yang lazim digunakan untuk menarik perhatian pembaca. Mimin akan memberikan tiga teknik dasar story telling.

  1. Monomyth. Teknik diperkenalkan oleh Joseph Campbell. Teknik ini pada dasarnya menggunakan sudut pandang pahlawan. Narasi yang digunakan adalah menceritakan bagaimana seorang tokoh (pahlawan) meninggalkan asalnya kemudian merantau dan kembali ke tempat asalnya. Metode ini cocok digunakan untuk mengisahkan keberhasilan seseorang yang berproses dari nol hingga berhasil.
  2. Sparklines. Cara yang kedua ini digunakan untuk mempengaruhi emosional pembaca dan mengikuti solusi yang kita tawarkan. Penulis menggunakan metode perbandingan antara kenyataan dan harapan sehingga akan terjadi konflik di dalam narasi yang dibangun.
  3. Start false. Kegagalan adalah guru terbaik untuk semua orang. Metode inilah yang diadopsi oleh start false. Penulis menggunakan kegagalan sebagai ide besar dalam tulisannya, setiap tulisan yang dihasilkan memberikan solusi.
Sudah lunas yang utang mimin, selamat berlatih dan berstory telling ya. Jadikan malam Minggumu produktif! hihihi…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *