Tahukah Kamu? Sejarah Di Balik Hari Anak Nasional

Tanggal 23 Juli selalu diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Sebuah hari yang seharusnya dirayakan secara gembira oleh anak-anak di seluruh nusantara. Tapi tahukah kamu? Kenapa pada akhirnya ditentukan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

Bangsa Indonesia sebenarnya sudah sejak zaman orde baru berinisiatif untuk mengadakan hari anak nasional. Pada awalnya HAN dirayakan setiap tanggal 6 Juni. Dahulu namanya belum HAN melainkan Hari Kanak-kanak. Kemudian Hari Kanak-kanak mendapatkan masukan dari berbagai pihak yang menyebabkan perubahan tanggal sekaligus nama menjadi Hari Anak. Mulai saat itu dirayakan setiap tanggal 17 Juni.

Perdebatan mengenai Hari Anak tidak hanya sampai di situ saja, Menteri P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) menginginkan agar Hari Anak diperingati setiap tanggal 3 Juli. Hingga akhirnya keluarlah surat keputusan presiden yang menetapkan Hari Anak Nasional setiap tanggal 23 Juli. Selain itu, perayaan HAN dimaksudkan agar anak-anak di Indonesia bisa mendapatkan haknya. Karena merekalah aset bangsa yang harus dijaga.

Selamat Hari Anak Nasional…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *