Sebenarnya Apa Sih Itu PUNK?

Oi…Oi…Oi…

Di artikel ini, kita akan membahas geliat PUNK Indonesia. Teman-teman PUNK seringkali tampil dengan nyeleneh tetapi ada juga lho yang berpenampilan rapi. Pada penasaran gak sih, sebenarnya apa sih yang menjadi landasan pemikiran dalam pergerakan mereka.

Teman-teman PUNK sebenarnya lahir di Inggris pada dekade tahun 80an. PUNK muncul sebagai respon atas kemapanan yang terjadi di Inggris. Sebenarnya banyak hal positif yang bisa diambil dari teman-teman PUNK. Apa sajakah itu? Kita simak di paragraf berikutnya ya…

Ada beberapa ideologi dasar yang dapat dijadikan arah pergerakan teman-teman PUNK. Dalam buku PUNK! Fesyen-Subkultur-Identitas yang ditulis oleh John Martono dan Arsita Pinandita disebutkan sebagai berikut :

  1. Do It Yourself. Gaya hidup ini memiliki konsep adalah lakukan semuanya secara mandiri. Pantang bagi mereka untuk membeli produk yang mahal. Jika bisa dibuat sendiri mengapa harus beli?
  2. Anti Kemapanan. Teman-teman PUNK selalu berusaha mempertentangkan yang sedang terjadi. Mereka berusaha mengkritisi fenomena yang ada dari sudut pandang berbeda.
  3. Kesetaraan. Tidak ada perbedaan. Semuanya setara. Itulah hal yang diperjuangkan oleh teman-teman PUNK. Sehingga setiap anggotanya memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Sebenarnya masih banyak lagi hal lainnya yang dapat diulas dari teman-teman PUNK. Pengen lebih lanjut berkenalan? Kalian bisa cek kelanjutannya DI SINI!(*)

Oi…oi…oi…

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *