Apa Itu Historical Fiction?

Adakah yang pernah mendengar genre historical fiction? Yups, belakangan ini mulai muncul genre baru dalam dunia kepenulisan yaitu  historical fiction. Genre ini sebenarnya sangat cocok untuk kalian yang senang akan hal-hal yang berbau tentang sejarah. Kemampuan teman-teman dalam menarasikan sejarah menjadi lebih hidup dan menyenangkan menjadi tantangan di dalam genre ini.

Saatnya kita mengetahui, apa sih sebenarnya historical fiction itu? Gini…gini…historical fiction itu pada dasarnya merujuk kepada 2 hal yang dapat dijadikan landasan untuk membuatnya. Yang pertama, si penulis dapat menggunakan sudut pandang dari peristiwa ataupun kejadian sejarah di masa lalu. Misalnya saja, kita mengambil setting perang Diponegoro. Dalam tulisan historical fiction yang dibuat, penulis bisa saja menambahkan tokoh rekaan asalkan masih relevan dengan benang merah fakta sejarahnya. Kedua, penulis bisa menggunakan pendekatan tokoh yang mengalami peristiwa sejarah tersebut.

Dalam perkembangannya, historical fiction berkembang menjadi beberapa sub genre. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini : alternate history, hsitorical fantasy, historical novel dan historical romance. Gimana? Daripada kenangan kalian cuman jadi beban, lebih baik diwujudin aja jadi buku historiral fiction. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *