Tips Mudah Menumbuhkan Minat Baca

Membaca adalah sebuah hal yang harus kita terapkan sejak dini. Apalagi Indonesia memiliki tingkat literasi yang rendah, ini tentunya menyedihkan bagi semuanya. Untuk itu, kita perlu menumbuhkan minat baca. Gak ada salahnya kok kita membaca, justru akan banyak manfaat yang akan didapatkan. Salah satunya meningkatkan fungsi otak.

Menumbuhkan minat baca sebenarnya bisa dimulai dan dibiasakan. Nah, kalian ingin menumbuhkan minat baca bagi diri sendiri atau teman kalian. Bolehlah tulisan ini disimak :

1.Carilah topik yang kalian senangi

Cara termudah untuk menumbuhkan minat baca adalah dengan mencari topik yang kalian senangi. Misalkan kalian suka menjadi youtuber maka carilah referensi mengenai apapun yang berkenaan dengan dunia youtube. Carilah sebanyak mungkin di buku yang ada.

2. Munculkan rasa ingin tahu

Setelah satu buku lalu kamu selesai. Don’t be like that! Kalian harus terus memunculkan rasa ingin tahu. Selain melatih otak, kalian juga akan selalu haus ilmu. Sehingga akan selalu mencari buku ataupun sumber referensi lainnya agar rasa ingin tahunya terpenuhi.

3. Buatlah jadwal membaca buku

Membaca buku juga membutuhkan suasana yang tentunya menyenangkan agar bisa fokus dan menyerap hal yang baru. So, buatlah jadwal membaca buku. Setiap orang akan memiliki jadwal yang berbeda, buatlah pola kalian. Selain itu, jadwal yang dibuat sebagai target untuk menyelesaikan membaca sebuah buku.

Tips singkat ini semoga membuat minat baca di negeri ini semakin maju. Amiiinn…(*)

You might also like

One thought on “Tips Mudah Menumbuhkan Minat Baca”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *