Strategi Mantap Menulis Buku Pelajaran

Siapa sih yang tidak membutuhkan buku pelajaran? Sejak kita dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi membutuhkan buku pelajaran sebagai panduan. Buku pelajaran merupakan buku yang hingga kini masih dibutuhkan oleh semua kalangan. Lantas bisakah menjadi penulis buku pelajaran? Ya tentu saja bisa dong!

Tentu saja ada strategi untuk menulis buku pelajaran yang perlu dilakukan. Walaupun terkesan sederhana, buku pelajaran haruslah dibuat secara valid. Kalau asal-asalan yang ada nanti malah kalian menyesatkan pembaca dong. Kan gak pengen juga to?

Beberapa strategi mantap menulis buku pelajaran dapat ditemukan di bawah ini :

  1. Tentukan bidang studi yang akan ditulis. Langkah pertama ini menjadi hal yang sangat penting. Kuasai betul bidang studi yang akan ditulis. Misalnya kalian lulusan dari fakultas ilmu pendidikan buatlah buku yang terkait bukan malah cara beternak ayam (kecuali jika kalian memang ahlinya). Pembaca akan mempertanyakan kompetensi kalian.
  2. Carilah referensi sebanyak mungkin. Kekuatan buku pelajaran adalah di data yang bisa kalian susun di dalamnya. Sebuah buku pelajaran haruslah memiliki penjelasan lengkap mengenai ide dasar yang ditulis. Sehingga kalian harus berburu referensi yang valid dan sahih untuk membuat bukumu.
  3. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Tantangan yang dihadapi oleh penulis buku pelajaran adalah menyampaikan materi di dalamnya dengan bahasa yang ringan namun mudah dipahami serta tidak menambah ruwet pikiran pembacanya.
  4. Bersifat kekinian. Sebuah buku pelajaran yang dituliskan juga harus memiliki sifat kekinian alias kebaruan. Sesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlangsung. Buku yang ditulis juga harus sesuai dengan konteks zaman. (*)

You might also like

2 thoughts on “Strategi Mantap Menulis Buku Pelajaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *