Patut Disimak! Cara Meningkatkan Kemampuan Menulismu

Sebagai seorang penulis rasa-rasanya kita tidak bisa berdiam diri saja di era digital seperti sekarang ini. Arus informasi yang sangat cepat membuat kita tidak boleh lengah. Semakin banyak platform digital kepenulisan yang muncul maka akan semakin memudahkan kita menyebarkan tulisan yang kita buat. Tentu saja kita harus membarenginya dengan meningkatkan kemampuan menulis kita. Karena pembaca di luar sana semakin banyak dan mencari tulisan yang segar.

Kalian gak perlu resah dan gelisah. Memang sudah kewajiban sebagai penulis harus selalu belajar. Terus apa sih yang bisa dilakukan sebagai penulis buat meningkatkan kemampuannya menulis? Gak usah khawatir, BAKBUK.ID akan memberikan secara gratis cara biar kalian makin pede dan maju dalam menulis.

  1. Disiplin dalam menulis. Menulis itu harus disiplin, itulah kunci yang selalu dipegang oleh para penulis yang sudah terkenal. Sempatkan untuk selalu menulis setiap harinya. Latihan ini untuk membentuk kebiasaanmu. Jadi kalian akan menulis bukan dengan perasaan terpaksa tetapi gembira. Berapa pun jumlah halamannya kalian tetap harus menulis!
  2. Selalu membaca! Penulis gak suka membaca? Aneh dan gak masuk akal ya gak? Sebagai seorang penulis kita tetap harus selalu membaca apapun itu. Semakin banyak membaca membuat perbendaharaan kita akan semakin banyak dan tulisan kita tidak akan kering.
  3. Bergabung dengan komunitas penulis. Cara lainnya agar kemampuan menulismu berkembang, kalian dapat bergabung dengan komunitas kepenulisan. Di sini kalian akan saling menyemangati satu sama lain dan biasanya akan diajak untuk menulis buku secara bersamaan. Manfaatkan juga komunitas ini untuk menambah jaringan kalian. Pasarkan juga buku yang sudah kalian tulis lewat komunitas yang kalian ikuti.
  4. Ikutilah kelas menulis yang ada di sekitar kalian. Banyak sekali kelas menulis yang diadakan oleh penerbit. Baik secara online maupun offline. Kalian gak perlu ragu, ikuti aja kelas yang ada. Jika belum ada rezeki bisa cari yang gratisan dulu, syukur-syukur yang dapat bonusan makanan ringan, yee kan? (*)

You might also like

One thought on “Patut Disimak! Cara Meningkatkan Kemampuan Menulismu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *