5 Tips Sebelum Menerbitkan Bukumu Sendiri

Gimana puasanya gengs? Lancar? Mimin selalu mendoakan agar ibadah puasa kalian lancar dan membawa berkah. Amin. Bulan puasa gak berarti juga kalian berhenti menulis lho. Ingat! Persaingan menjadi penulis semakin ketat. Kalian mau naskah kalian ditikung sama temenmu sendiri? Atau penulis lain? Di era digital sekarang ini, semua orang ingin dan bisa menjadi penulis. Kalau kalian gak segera memulai ya siap-siap aja deh sedia tisu yang banyak. Nangis sejadi-jadinya

Seperti yang udah mimin bilang tadi, ketatnya persaingan menerbitkan buku menyebabkan penerbit besar (mayor) makin selektif menerima naskah. Kalian harus pandai memutar otak agar terus bisa berkarya. Ndak perlu kalian bingung, duhh gimana nih naskahku. Tenang! Semua ada solusinya kok. Coba deh untuk nerbitin bukumu sendiri. Gak ada salahnya buat nerbitin bukumu sendiri. Sapa tau dari situ malah penerbit besar tertarik dengan naskahmu. Biar gak pada bingung dan gaduh. Gimana sih nerbitin buku sendiri. Apa aja yang harus disiapkan? BAKBUK.ID akan kasih tips super duper mantap yang bisa kalian yakin untuk menerbitkan bukumu sendiri.h

  • Siapkan naskahmu! Menerbitkan buku sendiri dimulai dengan tahapan yang paling awal adalah menyiapkan naskahmu. Gak mungkin kan kalian nerbitin bukumu sendiri tapi naskah milik orang lain. Gak mungkin juga kalian datang ke penerbit gak bawa naskah. Dipikirnya bisa diterawang. Oke! Kalian tetap harus bawa naskah yang sudah rapi ya. Jangan masih acak-acakan kamu kirim, namanya itu ngawur. Buat sebaik dan sekeren mungkin!
  • Hitung biaya yang akan muncul. Ketika kamu sudah yakin untuk menerbitkan bukumu sendiri, maka kamu harus sudah menghitung biaya yang akan dikeluarkan. Biaya ini muncul misalkan untuk layout, desain cover ataupun editor. Oya, biaya untuk bukti cetak bukumu juga. Harganya tentu setiap penerbit mematok harga yang bervariasi. Tetapi biaya yang muncul tadi bisa kamu pangkas bila kamu bisa melakukannya sendiri. Bisa juga meminta bantuan temanmu.
  • Tentukan spesifikasi bukumu. Selanjutnya, kalian hatus menentukan spesifikasi bukumu gengs. Kalian sudah harus memikirkan kertas yang akan dipilih, sampul kalian didesain seperti apa, layout dibuat bagaimana, apakah akan menggunakan ISBN atau tidak. Semua ini harus sudah matang sebelum masuk tahapan produksi.
  • Buatlah harga untuk bukumu. Setelah kamu merasa kamu sudah siap untuk diproduksi. Saatnya kalian menentukan harga yang akan dijual ke pasaran. Lakukan survei dulu, di harga berapakah buku akan dijual. Lihat pula pembaca yang ingin dituju. Kalian harus bisa membuat buku kalian bisa diterima dan tentunya laku.
  • Pikirkan cara menjual bukumu. Ini yang sangat penting sebenarnya, kalian sudah harus tahu buku kalian akan dijual seperti apa. Apakah akan berjualan khusus di toko buku online? Mungkin juga menitipkan buku di toko buku konvensional. Jika buku sudah dicetak, jangan sampai kalian malah baru menyiapkan strategi menjual bukumu. Kalau kalian gak mau repot mengurus naskahmu menjadi sebuah buku, serahkan kepada kami, BAKBUK.ID.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *