Dahsyat Menjual Bukumu Secara Self Publishing

Naskahmu ditolak penerbit besar? Terus kalian merasa dunia runtuh? Impian hancur? Helllooo…hari gini kalian masih mikir kayak gitu? Naskah ditolak bukan berarti impianmu menjadi penulis berakhir pula. Sebagai generasi milenial yang identik dengan rasa ingin tahu tinggi, sudah seharusnya kalian melirik self publishing. Cara seru menerbitkan dan menjual bukumu. Selain menjadi penulis, kalian akan diasah untuk menjadi wirausaha. Bukankah salah satu pekerjaan anak-anak generasi milenial adalah wirausaha?

Langsung aja deh kita ngobrolin tentang gimana caranya menjual bukumu secara self publishing. Buku yang dihasilkan oleh penulis yang memilih self publishing memiliki keunikan tersendiri. Penulis bertanggung jawab juga untuk memasarkan karyanya. Nantinya, kalian bakalan dapat keuntungan alias royalti yang lebih banyak daripada penerbit konvensional.

Kalian ndak usah bingung gimana cara menjual buku secara self publishing. BAKBUK.ID akan kasih kalian cara dahsyat menjual bukumu. Simak ya di bawah ini!

  1. Buat promosi sebelum buku terbit. Kalian pernah mendengar istilah pre order? Sebelum bukumu terbit kalian bisa membuat promosi tentang buku kalian. Misalkan menjual buku edisi khusus bertanda tangan, bisa juga mendapatkan bonus kaos atau merchandise lainnya. Bisa berupa potongan harga. Pastikan promosi kalian tersebar secara luas ya. Promosikan bukumu tidak hanya online tapi juga secara offline.
  2. Bangun atau carilah komunitas yang sesuai dengan tema bukumu. Kekuatan komunitas di era digital sekarang ini tak boleh dipandang sebelah mata. Komunitas adalah pasar yang harus kalian datangi untuk menjual bukumu. Adakan acara bersama mereka semisal kayak buka bareng, meet n greet atau bedah buku.
  3. Carilah testimoni influencer atau tokoh. Kalian juga harus sadar bahwa testimoni menjadi salah satu cara dahsyat menjual bukumu. Ada 2 cara yang bisa kalian lakukan. Pertama, tulis testimoni di cover bukumu atau sebagai kata pengantar. Kedua, manfaatkan gawaimu. Ajak dan minta influencer yang kamu temui untuk berfoto memegang bukumu. Syukur-syukur kalian bisa dapetin video apresiasi atas bukumu.
  4. Maksimalkan jaringan yang ada. Jaringan menjadi hal yang penting untuk kalian dijadikan media untuk memasarkan bukumu. Kenalkan bukumu kepada saudara ataupun sahabatmu. Kalau perlu berikan beberapa buku untuk mereka sebagai contoh. Tujuannya agar mereka menjadi ujung tombak menjual buku kita. Menarik kan?
  5. Pilihlah penerbit atau toko buku online yang benar. Terakhir, pilihlah penerbit atau toko buku online yang memiliki rekam jejak baik dalam dunia penerbitan. Kalian kan harus menjamin buku yang kalian hasilkan sesuai dengan kerja keras kalian. Hal ini akan berpengaruh juga kepada nama baik kalian kan? (*)

You might also like

One thought on “Dahsyat Menjual Bukumu Secara Self Publishing”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *