Awas!Minuman Ini Jangan Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Setelah menahan nafsu dan lapar serta dahaga selama seharian penuh, maka saat buka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu. Saat berbuka puasa ternyata kita tidak bisa sembarangan makan atau minum santapan yang disediakan. Kita harus selalu menyadari bahwa tubuh terdiri dari 60%-70% cairan. Maka ketika berbuka puasa kita harus segera menggantinya.

Berbuka puasa memang dianjurkan dimulai dengan minuman, namun tahukah kalian bahwa ternyata kita juga tidak boleh menyantap beberapa jenis minuman ketika berbuka puasa? Apa saja kira-kira minuman tersebut? Penasaran?

Siapa yang suka minum teh ketika berbuka puasa? Minuman berwarna coklat ini ternyata kurang baik digunakan sebagai pembuka puasa. Teh ternyata juga memiliki kandungan kafein. Ya walaupun kandungannya tak sebanyak kopi tetapi tetap harus diwaspadai. Terlalu banyak meminum teh bisa menimbulkan iritasi atau nyeri pada lambung apalagi jika punya penyakit maag. So, ati-ati ya!

Minuman selanjutnya yang harus kamu hindari adalah susu. Memang sih susu baik untuk kesehatan tetapi alangkah baiknya jangan diminum ketika kamu berbuka puasa. Kandungan vitamin D serta zat lainnya di dalam susu tidak akan bisa dicerna secara maksimal oleh tubuhmu. Hal ini terjadi karena tubuhmu belum mencapai metabolisme yang stabil dan butuh penyesuaian.

Minuman bersoda merupakan minuman yang juga harus kamu pertimbangkan ketika berbuka puasa. Soda yang terdapat pada minuman tersebut membuat pencernaanmu menjadi begah ataupun kembung. Selain itu, perhatikan juga kandungan gula yang ada dalam minuman tersebut. Memang sih gula dibutuhkan untuk energi dalam tubuh tetapi bukan berarti kalian minum minuman bersoda juga.

Terakhir, hindari minuman dingin ataupun es krim. Jiaaahh…sapa yang suka minum dingin pas buka puasa? Ngaku aja…Emang enak sih, seger pastinya. Tapi tahukah kamu? Bahwa es ataupun minuman dingin lainnya akan membuat pencernaanmu menjadi kaget dan malah membahayakan pencernaan? Sebaiknya sih minum yang sesuai dengan suhu ruangan. Paling aman, minunlah air putih dulu saja yesss.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *