Isi Puasamu dengan Hal Yang Bermanfaat

Gak kerasa sudah masuk hari kedua di bulan Ramadan. Artinya, perjalanan kalian untuk melakukan ibadah ini masihlah panjang. Tentu semua ingin agar puasanya berjalan lancar dan penuh berkah. Tapi yang namanya cobaan dan godaan selalu ada aja. Mimin pun mengalaminya. Biar puasa kita semua semakin berkualitas, ada baiknya kita mengsisinya dengan kegiatan-kegiatan yang berfaedah.

Mengisi puasa dengan hal-hal yang bermanfaat juga tak ada salahnya dicoba untuk dilakukan. Selain dapat menunggu waktu buka ataupun sahur, kita juga menambah pahala di bulan yang penuh rahmat ini. Apa saja sih yang bisa dilakuin biar puasa kita lebih asyik dan menambah berkah?

Pertama, membantu orang tua. Saat Ramadan merupakan sebuah kesempatan yang dapat digunakan untuk membantu orang tua. Bilamana biasanya kita sibuk dengan kegiatan, kita bisa membantu orang tua kita untuk menyiapkan buka puasa ataupun sahur. Sehingga keharmonisan dan kehangatan dengan orang tua semakin terjalin dengan baik.

Kedua, beribadah berjamaah bersama teman ataupun keluarga. Ramadan adalah sebuah momen yang harus kita manfaatkan dengan sebaik mungkin. Jika kalian selama ini jarang beribadah secara berjamaah, mungkin dengan adanya Ramadan bisa membuat kalian bisa beribadah berjamaah. Tak ada salahnya mencoba.

Ketiga. Perbanyaklah membaca. Yuhuuu…bulan Ramadan saat yang tepat juga untuk menambah ilmu kalian. Bahan bacaan kalian juga bisa sangat beragam kok. Mulai dari buku hingga buku religi. Selain kalian bisa menunggu waktu berbuka, membaca juga membantumu mengasah memori.

Keempat. Menulislah. Salah satu cara untuk mengisi puasa adalah dengan jalan menulis. Kenapa menulis? Ternyata ketika puasa akan membuat pikiran dan hati kita jadi tenang. Walaupun dalam kondisi menahan lapar dan dahaga, kita akan menjadi lebih fokus ke tulisan kita.

Kelima. Berjualan. Yupss, yang terakhir adalah kalian harus mencoba untuk berjualan. Gak ada salahnya untuk mencoba berjualan di bulan Ramadan. Siapa tau malah bisa menambah THR di lebaran besok. Tips-tips di atas semoga membuat kalian lebih semangat dalam menjalani ibadah puasa. (*)

You might also like

One thought on “Isi Puasamu dengan Hal Yang Bermanfaat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *