Membuat Buku Cerita Anak Yang Menawan

Menulis buku cerita anak atau genre anak-anak merupakan sebuah tantangan bagi para penulis. Kenapa? Sang penulis harus bisa membuat tulisan yang dihasilkan sesuai dengan dunia anak-anak. Ketika menulis buku anak-anak kita harus bisa membangkitkan imajinasi anak-anak tersebut sembari menekankan pesan moral yang kuat bagi mereka. Berhubung BAKBUK.ID sedang ngadain lomba nulis buku anak-anak, mimin kasih nih cara membuat buku anak agar menawan.

Menulis buku cerita anak sebenarya tidak jauh beda dengan buku dengan genre yang lain. Lebih jelasnya kita perhatikan tips berikut ini.

Pertama, sebelum membuat buku anak-anak lakukanlah riset yang mendalam. Riset di sini meliputi penentuan tema serta gaya bahasa yang ingin dipakai. Agar bukumu bisa diterima oleh anak-anak maka jangan segan untuk membaca sebanyak mungkin buku anak-anak yang beredar di pasaran. Pelajari setiap detail buku yang kamu baca.

Kedua, tentukan umur pembaca yang ingin kamu tuju. Setelah memiliki tema dan dasar yang kuat untuk membuat tulisan anak. Selanjutnya, kamu harus menentukan rentang umur yang ingin kamu tuju. Ini sangat berkaitan dengan gaya bahasa serta konten buku yang kalian buat. Gak lucu juga jika sampai terjadi salah konten isi buku. Pliss…jangan sampai!

Ketiga, matangkan konsep. Ada baiknya di tahapan ini kalian meminta teman yang kamu percaya untuk memberikan masukan mengenai konsep yang kamu usung. Di tahapan ini pulalah penulis juga membuat kerangka tulisan serta penokohan. Jumlah halaman serta komposisi tulisan dan gambar juga bisa ditentukan di tahapan ini.

Keempat, apabila sudah selesai, mintalah temanmu sebagai pembaca pertama. Opini dari temanmu dapat digunakan sebagai masukan sekaligus mengembangkan cerita yang kamu buat. Tulisanmu harapannya akan menjadi semakin baik. Tak perlu takut untuk melakukan revisi terhadap tulisan yang sudah jadi.

Kelima, terbitkan tulisanmu atau berhentilah bermimpi menjadi penulis buku anak-anak! Terakhir alias muara dari tulisanmu adalah kalian harus menerbitkannya. Sebarkanlah tulisanmu menjadi buku agar anak-anak di negeri ini berani memiliki imajinasi. Tak berani menerbitkan tulisanmu, sebaiknya kubur impianmu jadi penulis buku anak-anak. Sejatinya anak-anak adalah adalah makhluk yang polos sekaligus pemberani!(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *