Jadilah Pemenang dalam Lomba Menulis!

Banyak sekali lomba menulis yang diadakan oleh para penerbit di Indonesia, termasuk juga BAKBUK.ID yang sedang bikin lomba menulis novel horor. Kalian gak usah ragu buat ikutin lomba menulis dari genre apapun. Justru semakin banyak kalian ikut maka jam terbang akan semakin tinggi dan membantu kalian menemukan genre yang bakal kalian tekuni.

Tulisan ini akan ngebantu kalian untuk menjadi salah satu kandidat pemenang dalam lomba menulis. Selain dibutuhkan sebuah tekad yang kuat dari kalian sendiri tentunya. Okelah, mimin akan kasih kiat-kiat biar kalian bisa menjadi pemenang dalam lomba menulis.

Satu, penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Bacalah petunjuk lomba dengan sangat teliti. Kurang jelas? Jangan ragu bertanya kepada penanggung jawab lomba. Seleksi paling awal sebuah naskah ketika mengikuti lomba dengan jalan melihat kepatuhan kalian dalam menjalankan petunjuk yang diberikan.

Dua, buatlah jadwal. Manajemen waktu menjadi hal kedua yang harus diperhatikan. Tenggat waktu yang diberikan oleh pihak penerbit memang diberlakukan secara ketat. Tujuannya untuk mencari penulis yang benar-benar sudah siap berkarya dan komitmen dengan karya yang dibuatnya.

Tiga, berikan “kesegaran” . Dihh apa maksudnya? Malah bahas kesegaran? Kesegaran di sini maksudnya untuk membuat para dewan juri terpana dengan hasil karya kalian. Buatlah sesuatu karya yang segar dan belum ada sebelumnya.

Empat, koreksi tulisanmu! Tahap keempat ini sangatlah penting. Jangan beralasan kalian gak punya waktu untuk mengoreksi tulisan yang sudah jadi. Kalau kalian tepat jadwal maka semuanya akan bisa terlampaui dengan baik, Bahkan kalian bisa untuk memberikan tulisan kalian untuk dibaca teman yang kamu anggap mampu menjadi “editor”.

Lima, kirim naskahmu H-3 sebelum batas waktu pengiriman. Penyakit yang sering terjadi adalah para penulis hobi mengumpulkan hasil karyanya mepet dengan waktu penutupan lomba. Bahkan ada yang ngeyel bahwa jam di komputernya masih menunjukkan waktu yang belum terlambat. Hedeeehhh….emang kalian mau pas akad nikah, pasanganmu datang mepet atau terlambat?(*)

You might also like

One thought on “Jadilah Pemenang dalam Lomba Menulis!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *