Mengenali Tipe-Tipe Pembaca

Penulis tidak bisa menutup mata dengan pembaca. Keberadaan mereka tak bisa dipisahkan dengan karya yang kalian tulis. Pembaca adalah orang yang mengapresiasi sekaligus memberikan masukan untuk tulisan. Tapi tahukah kalian ada beberapa jenis pembaca?

Berdasarkan pengamatan dan penelitian yang dilakukan, ada beberapa tipe pembaca yang haus akan sebuah tulisan.

Pada golongan pertama dapat dikelompokkan menjadi pembaca umum. Biasanya pembaca ini adalah orang-orang yang menjadikan kegiatan membaca di level dasar. Bahasa yang digunakan pun masih umum dan tidak membutuhkan kecakapan tertentu untuk memcerna tulisannya.

Golongan kedua adalah pembaca dengan spesialisasi. Pembaca ini sudah memiliki ketertarikan kepada bidang tertentu, sehingga bacaan yang dicari pun akan sangat spesifik. Semisal arsitektur, teknologi informasi, kesehatan dan sebagainya. Kata-kata yang digunakan juga akan lebih spesifik dan memerlukan telaah yang lebih lanjut dibandingkan pembaca umum.

Ketiga adalah pembaca yang objektif dan skeptis. Pembaca dengan tipikal seperti ini memiliki keunikan tersendiri. Pembaca yang objektif akan lebih netral dalam menilai sebuah tulisan dan tidak langsung memberikan vonis. Berlawanan dengan pembaca skeptis, mereka akan lebih “keras” dalam merespon tulisan kita. Tugas kita adalah membangun logika tulisan yang bisa diberikan kepada mereka.(*)

You might also like

One thought on “Mengenali Tipe-Tipe Pembaca”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *