Langkah-Langkah Penting Membuat Esai

Beberapa waktu yang lalu, ada pesan yang masuk ke mimin. “Min, ajari nulis esai dong?”. Oke deh, kita kali ini akan ngebahas mengenai bagaimana sih cara membuat esai yang baik dan tentunya bisa dibaca orang.

Terus apa sih beda essai dengan opini? Yang membedakannya adalah esai tidak membutuhkan jalan keluar atau solusi di saat kita menuliskannya. Kita sebatas hanya memberikan paparan saja tanpa harus memberikan kesimpulan ataupun sikap kita terhadap sebuah fenomena.

Langkah pertama untuk membuat esai dapat dimulai dengan cara menentukan tema yang dahulu. Carilah tema yang kekinian, agar tulisanmu banyak dibaca orang. Tema-tema yang menarik namun ringan dapat pula dipertimbangkan sebagai ide esaimu. Misalkan penanganan sampah, kemacetan, dan hal lainnya.

Kedua, lakukanlah riset. Tulisanmu akan lebih keren dan aktual jika kalian melakukan riset. Riset yang dapat dilakukan dengan jalan melakukan riset literatur ataupun ke lapangan. Semua bergantung dengan kebutuhan esai yang sedang kamu tulis. Dan jangan malas!

Ketiga, buat kerangka esaimu. Menulis tetap membutuhkan arah dan tujuan. Itulah fungsi dari kerangka esai. Kalian harus menggunakan kerangka esai untuk melihat apakah data dan fakta yang disajikan sudah sesuai dengan tujuan penulisan?

Keempat, saatnya menulis! Segera tulis apa yang menjadi ide dari esaimu, buat dalam tiga bagian. Pendahuluan, isi dan penutup. Simpel saja kok. Tak perlu ribet-ribet.

Kelima, periksa dan sebarkan esaimu! Langkah paling akhir dalam membuat esai adalah periksa kembali ejaan dan salah ketik yang mungkin ada. Jika sudah merasa semuanya oke dan mantap. Langsung deh kamu sebarkan ke media sosial yang kamu punya atau kamu kirim ke media massa. Tak ada salahnya…(*)


You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *