Mudah Menulis Novel Fiksi Ilmiah

Genre lain yang tak kalah menarik adalah fiksi ilmiah. Kenapa? Selain peminatnya di Indonesia masih sedikit, karya genre fiksi ilmiah juga memiliki potensi besar menjadi best seller. Tengok saja beberapa kisah yang diangkat ke layar kaca seperti Star Wars, The Hunger Games, The Divergent serta yang lainnya. Kalian gak pengin seperti itu?

Menulis novel fiksi itu sebenarnya mudah kok, hanya dibutuhkan riset yang mendalam dan kalian suka dengan ilmu pengetahuan. Nah, gimana caranya untuk membuat novel fiksi ilmiah biar booming dan bisa memiliki pengaruh di kalangan penggemar kalian.

  • Perbanyak membaca buku yang berbau ilmu pengetahuan, jurnal bahkan buku pelajaran pun bisa. Menulis novel fiksi ilmiah haruslah memiliki dasar ilmu pengetahuan yang kuat. Ini yang membedakan antara fantasi. Kalian harus bisa membuat sebuah logika berpikir berdasarkan ilmu pengetahuan yang kuat.
  • Ciptakan setting yang berbau futuristik. Salah satu ciri khas yang menjadi roh novel fiksi ilmiah adalah settingnya yang berupa futuristik. Kita mengalami lompatan waktu yang luar biasa.
  • Buatlah tokoh yang unik. Setting tempat yang luar biasa keren akan menjadi hambar jika tokoh kalian hanya biasa saja. Tokoh yang unik akan membuat para pembaca bertanya-tanya tentang tokoh tersebut. Sehingga dibutuhkan tokoh yang kuat dan deskripsi yang kuat.
  • Bereksperimenlah dengan teknologi. Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah kalian harus membuat temuan yang baru. Misalkan kalian bisa membuat sebuah smartphone bisa berubah jadi Godzilla terus diadu lawan Pokemon. Hal-hal seperti itulah yang harus kalian buat namun tetap berdasarkan ilmu pengetahuan.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *