Cara Menulis Naskah Cerita Fantasimu Dengan Dahsyat!

Genre sebuah tulisan memanglah sangat banyak, beberapa di antaranya sudah pernah dimuat di blog ini, ada horor dan roman. Sekarang mimin akan memberikan sebuah cara untuk menulis cerita fantasi. Mimin yakin di luar sana banyak yang minat nulis genre ini. Genre cerita fantasi dapat ditemui di kisah Alice in Wonderland, Harry Potter, Narnia dan masih banyak lainnya. Lalu, apakah kita bisa seperti mereka? Jawabannya bisa dan tergantung keseriusan kalian.

Menulis naskah cerita fantasi sebenarnya tidak jauh beda dengan menulis genre lainnya. Tantangannya adalah kalian harus bisa benar-benar mengolah imajinasi kalian secara luas dan liar. Tulisan fantasi membutuhkan sebuah hal yang “baru” dalam cerita yang disusun.

Pertama, tentukan ide dasar yang ingin kalian angkat. Perbanyak membaca dan menonton film yang memuat genre fantasi. Bayangkan kalian sedang berada di sana dan mengalami perisitiwa yang dialami para tokoh.

Kedua, buatlah argumen yang meyakinkan tentang cerita fantasi yang dibuat. Hah? Bagaimana caranya? Caranya, kalian harus memberikan sebuah pesan moral yang kuat. Ketika pembaca menikmati tulisan yang disajikan mereka meyakini bahwa cerita fantasi ini memang berdampak pada dirinya.

Ketiga, buatlah nama karakter dan tempat yang “unik”. Seperti halnya Lord of The Rings, kalian menemui nama yang aneh-aneh dan susah diucapkan. Itulah yang harus kalian lakukan. Nama boleh unik dan aneh tetapi harus tetap memiliki dasar yang kuat. Kalian bisa mencari dari mitologi, bahkan primbon sekali pun.

Keempat, deskripsikan dengan detail dan mengalir. Sekeren apapun penamaan yang kalian bikin kalau gagal dalam membuat deskripsinya, ya percuma. Kembali lagi ke poin 2, berikan argumenmu melalui deskripsi yang dibuat. Misalnya, kenapa ada tokoh bernama Gandalf.

Sekiranya itu tips yang bisa mimin berikan buat menambah pengetahuan tentang menulis cerita fantasi. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *