Membuat Desain Sampul Bukumu Biar Laku

Sampul merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari naskah buku. Keduanya saling melengkapi. Ya ibarat kata kayak Dilan dan Milea. Sebuah buku yang bagus bukan hanya terpancar dari naskahnya tetapi juga dari sampul di bagian depannya. Sampul merupakan “iklan” untuk membuat pembaca mendatangi bukumu dan tentu menjadikannya koleksi di rumahnya.

Seorang penulis sebenarnya memiliki hak untuk memberikan masukan bahkan desain sampul untuk bukunya. Jika kalian ingin memiliki keleluasaan dalam mendesain sampul bukumu, ada baiknya mencoba penerbitan alternatif yang ada. Kembali lagi ke masalah sampul, sebagai penulis kalian juga harus punya taste untuk sampul yang akan dibuat.

Pertama, kalian bisa menentukan nuansa yang akan ditonjolkan oleh sampul yang dibuat. Buatlah hubungan yang logis antara naskah dengan sampul. Sebuah buku horor tentu sampulnya tidak menggambarkan kegembiraan.

Kedua, pilihlah warna yang sesuai dengan nuansa yang diangkat. Jika kalian tidak paham psikologi warna, ada baiknya untuk mempelajari dulu. Jangan sampai asal-asalan memadukan warna untuk sampulmu.

Ketiga, pilih font yang sesuai dengan kebutuhan sampulmu. Font alias huruf menjadi hal yang perlu diperhatikan juga dalam membuat sampul bukumu. Tebal dan tipis huruf juga akan mempengaruhi kekuatan bukumu.

Keempat, buatlah blurb dan endorsement. Tak dapat dipungkiri, blurb dan endorsement merupakan senjata rahasia yang harus ada dalam sampul buku kalian. Ketika ada orang atau tokoh yang memiliki pengaruh, jangan sungkan untuk meminta endorsement.

Kelima, selalu carilah ide-ide yang liar untuk sampulmu. Zaman sekarang ini kalian seharusnya bahagia. Kalian tak perlu repot lagi mencari sumber ide untuk sampulmu. Banyak sekali platform digital yang menyediakan visual (gambar). Selamat berburu!(*)

You might also like

One thought on “Membuat Desain Sampul Bukumu Biar Laku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *