Membuat Opening Untuk Tulisan Fiksi

Memulai sesuatu emang kadang-kadang sulit, memulai hubungan dan bahkan memulai sebuah opening untuk tulisanmu. Opening menjadi hal yang patut diperhatikan untuk memulai tulisanmu. Ending yang kuat jika tidak didukung dengan opening yang menawan akan mengakibatkan ceritamu menjadi hambar.

Beberapa cara dapat kita tempuh untuk membuat opening kita lebih menggigit. Kalian bisa melakukan beberapa eksperimen untuk opening tulisan fiksi yang sedang dibuat. Lalu gimana caranya?

  • Deskripsi. Mengawali sebuah opening dapat menggunakan metode yang paling mudah, yakni dengan deskripsi. Kita bisa menggambarkan apapun dengan detail dan mengajak pembaca membayangkan obyek yang kita gambarkan.
  • Pertanyaan. Memberikan pertanyaan kepada pembaca sebagai pancingan untuk mengantarkan mereka menuju cerita juga bisa digunakan. Gugah rasa ingin tahu mereka.
  • Lagu atau bunyi-bunyian. Menghadirkan lagu atau bunyi-bunyian juga dapat digunakan sebagai awalan dalam sebuah cerita yang ditulis.
  • Qutoes atau puisi. Kalian yang suka bikin puisi atau bikin gombalan maut bisa juga memberikan ini ke opening tulisan kalian. Silakan dicoba saja, mana yang paling cocok menurut kalian.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *